Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Bus DAMRI Diklaim Naik 62 Persen Saat Libur Natal 2023

Kompas.com - 29/12/2023, 16:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – DAMRI mencatat kenaikan volume penumpang selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Peningkatan pada tahun ini cukup signifikan dibandingkan momen libur Nataru periode sebelumnya.

Sepanjang 19-26 Desember 2023, terdapat sebanyak 805.110 penumpang yang melakukan perjalanan jarak jauh. Tercatat ada peningkatan 62,4 persen dibanding periode yang sama tahun 2022, yakni sebanyak 302.948 penumpang.

Chrystian R.M Pohan Corporate Secretary DAMRI, mengatakan, peningkatan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik.

Baca juga: Pertama di Dunia, China Resmi Investasi Ekosistem Baterai EV di RI

Bus DAMRI layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute Ponorogo -Tangerang via Jakarta DAMRI Bus DAMRI layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute Ponorogo -Tangerang via Jakarta

Di mana kondisi tersebut berdampak langsung pada mobilitas masyarakat dalam menggunakan transportasi publik yang telah kembali normal.

Selain itu, juga didukung oleh pelayanan DAMRI yang terus diperbaiki, seperti peremajaan armada bus pada awal Desember 2023 lalu.

“Masa angkutan Nataru 2024, DAMRI menyiapkan sebanyak 1.324 armada bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan/rampcheck yang dioperasikan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pelanggan selama perjalanan,” ujar Pohan, dalam keterangan resmi (29/12/2023).

Baca juga: Seberapa Irit BBM Xpander Diajak Mudik Natal Jakarta-Yogyakarta?

“DAMRI berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” kata dia.

Pada periode libur Nataru tahun ini, puncak arus mudik terjadi pada 22 Desember 2023. Di mana jumlah penumpang mencapai 112.097 orang, dengan okupansi tempat duduk yang disediakan bagi 142.945 orang.

Adapun puncak arus balik periode Nataru diperkirakan terjadi pada 1 Januari 2024. Di mana sebanyak 1.014 tiket secara online telah terjual (cabang Jakarta, Lampung, Pontianak, Yogyakarta, Purwokerto dan Wonosobo) dengan okupansi tempat duduk yang disediakan sebanyak 115.111.

Baca juga: Benarkah Isi Bensin Full Tank Bikin Konsumsi BBM Mobil Lebih Irit?

Bus DAMRIKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus DAMRI

Rute favorit pelanggan perjalanan jarak jauh pada periode Nataru kali ini adalah Jakarta menuju Surabaya, Malang, Tanjung Karang, Rajabasa, Metro, Purwokerto, Wonosobo, dan Yogyakarta.

Kemudian Bandung – Metro, Pontianak menuju Sintang, Pangkalan Bun, serta Angkutan Antar Negara Pontianak - Kuching dan Singkawang - Kuching.

Sementara untuk periode 19 Desember hingga 2 Januari 2024, DAMRI mencatat terdapat 40.046 tiket telah terjual dari total tiket yang disediakan sebanyak 53.627 tempat duduk.

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Meluncur Akhir Tahun Ini

Bus Damri. Dok.DAMRI Bus Damri.

Tiket tersebut di antaranya adalah untuk rute Transjawa, yaitu Jakarta menuju Yogyakarta, Surabaya, Malang. Kemudian Kemayoran menuju Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, Pontianak, Purwokerto, dan Cilacap.

DAMRI mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian agar dapat memesan tiket perjalanan secara online melalui aplikasi DAMRI Apps, agar tidak terjadi antre di loket yang menyebabkan tertinggalnya perjalanan bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com