Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Tepat Buat Berdirikan Moge, Supaya Enggak Cedera

Kompas.com - 29/12/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor gede atau moge memiliki bobot yang sangat berat, bahkan model tertentu ada yang sampai 400 Kg. Makanya, kalau moge terjatuh, tidak bisa sembarangan buat mendirikannya.

Jadi buat mendirikan moge yang terjatuh itu ada tekniknya, tidak sembarang angkat. Kalau salah caranya, yang ada adalah badan bisa jadi cedera, bahkan tertimpa motornya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani bilang, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat mau mendirikan moge yang terjatuh. Pertama, pastikan area sekeliling motor aman dari benda berbahaya seperti oli, batu, dan sebagainya.

Baca juga: Jangan Asal Angkat Moge yang Jatuh, Bisa Kena Serangan Jantung

Honda XL750 Transalp meluncur dan langsung dipamerkan di ajang Jakarta Fair 2023Dok. AHM Honda XL750 Transalp meluncur dan langsung dipamerkan di ajang Jakarta Fair 2023

"Agar saat kita mengangkat motor tidak terpeleset. Lalu, cek bagian bawah ban, bersihkan dari pasir dan batu kecil supaya motor mudah berdiri," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (28/12/2023).

Kemudian buat mendirikan motor, paha kanan atas letakkan di tangki bensin, tangan kiri pegang setang motor. Tangan kanan, pegang bagian samping motor, lalu dorong perlahan ke atas menggunakan kaki kiri.

Baca juga: Layanan Swap Baterai Motor Listrik Jepang Beroperasi 2024


"Setelah motor berdiri, tangan kanan pegang rem depan lalu turunkan standar motor," kata Agus.

Cara lain, tempelkan pinggul pada jok motor membelakangi motor. Tangan kanan pada setang, tangan kiri di bagian samping, lalu dorong perlahan pakai kekuatan kaki untuk mendirikan motor.

"Dengan cara yg benar maka potensi cedera pada tubuh kita akan dapat diminimalisir bahkan lebih aman," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com