Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Alternatif ke Cianjur dan Bandung Saat ada CFN di Kawasan Puncak

Kompas.com - 27/12/2023, 15:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor akan memberlakukan malam tanpa kendaraan bermotor atau car free night (CFN).

Pemberlakuannya dilakukan pada malam perayaan Tahun Baru 2024, di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyo Anggoro mengatakan, CFN akan berlangsung mulai pukul 18.00 WIB di 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024 pukul 01.00 WIB.

Oleh karenanya, diimbau masyarakat yang hendak melintas atau berlibur di kawasan Puncak, untuk mengatur kembali jadwal perjalannya supaya tidak terhambat atas terselenggaranya CFN.

Baca juga: Cara Aman Melewati Tanjakan Curam Menurut Mekanik dan Pakar Berkendara

Polisi menghentikan rekayasa lalu lintas one way di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Polisi menghentikan rekayasa lalu lintas one way di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023).

"Jadi, kami imbau masyarakat yang ingin berlibur saat malam tahun agar memasuki kawasan Puncak lebih awal, karena pada 31 Desember, pukul 18.00 WIB, hingga 1 Januari 2024, pukul 01.00 WIB," kata dia dilansir Kompas TV pada Rabu (27/12/2023).

Kendati demikian, bagi para pengendara yang hendak menuju ke Cianjur atau Bandung dapat melalui dua jalur alternatif.

Pertama jalur Cibubur-Cianjur via Jonggol dengan rute Cibubur-Cieungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur.  Selanjutnya jalur Ciawi-Cianjur via Sukabumi dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur.

Polres Bogor juga akan tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap kendaraan bermotor menjelang libur panjang Tahun Baru 2024.

Baca juga: Tiga Kesalahan yang Dilakukan Pengemudi di Jalan Saat Liburan

Situasi arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022).

"Tanggal 27-29 (Desember 2023), tetap masih ada ganjil genap. Kami gunakan agar bisa mengatur jumlah kendaraan yang bisa naik ke Puncak," kata Rio.

Dalam operasi ini, Polres Bogor menurunkan 875 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, terutama di Kawasan Puncak. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di beberapa titik rawan kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com