Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Saat Liburan Nataru, Jangan Terlalu Lama Dekat Bus dan Truk

Kompas.com - 26/12/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih berlangsung di pekan terakhir Desember 2023. Banyak pelancong yang berlibur dan menghabiskan waktu untuk berekreasi dan berwisata ke luar kota.

Jika melakukan perjalanan panjang ke luar kota, ada anjuran penting terkait keselamatan berkendara yang wajib dipahami, khususnya saat sedang melintas di jalan tol.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, pengendara sebaiknya tidak menguntit kendaraan-kendaraan besar seperti Bus dan Truk.

Satu alasannya adalah blind spot alias titik buta dari kendaraan besar sangat luas. Hal ini berpotensi membahayakan, terlebih saat melaju dengan kecepatan tinggi dan bebas hambatan.

Baca juga: Libur Nataru 2023, Sudah 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Truk kesulitan menanjak di jalan tol semarang-ungaranKOMPAS.com/AZWAR Truk kesulitan menanjak di jalan tol semarang-ungaran

“Kita (pengendara) tidak bisa memperkirakan laju kendaraan besar itu seperti apa. Tidak semuanya stabil di satu jalur, sering juga mereka pindah-pindah,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (24/12/2023).

Bahaya lain yang bisa terjadi adalah saat situasi rem mendadak, bisa mengancam keselamatan dari pengendara mobil apabila posisinya tepat di belakang.

“Saat kecelakaan beruntun, cukup sering posisi ujung (paling depan) itu kendaraan besar. Rem mendadak dan tidak kelihatan,” kata Marcell.

Himbauan supaya tidak menguntit kendaraan besar tidak hanya berlaku untuk mobil, tapi juga motor. Untuk amannya, pastikan ada jarak aman setidaknya 20 meter supaya waktu respon masih cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com