Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Vido Trans Nusa Kembali Luncurkan 6 Unit Bus Baru

Kompas.com - 25/12/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Vido Trans Nusa kembali meluncurkan bus baru berjumlah enam unit. Vido Trans merupakan divisi bus pariwisata milik PO Gumarang Jaya. 

Bila beberapa waktu lalu bus baru PO asal Lampu itu menggunakan bodi rakitan Karoseri Laksana, kali ini menggunakan buatan Karoseri Adiputro

Keenam bus tersebut dibalut oleh bodi Jetbus 5 MHD yang nantinya akan digunakan sebagai layanan bus pariwisata.  Sementara itu untuk dapur pacu bus ditopang oleh Hino RK 280 ABS.

Sebagai informasi, sasis Hino RM 280 sudah Euro 4 dan memakai suspensi udara. Selain itu, sasis RM 280 memakai space frame, sehingga bagian bagasi bisa lebih lega, bahkan tembus dari sisi kanan ke kiri.

Baca juga: Langkah Pertama Saat Mobil Mengalami Overheat di Jalan

Sama seperti unit sebelumnya, bagian wajah bus dibuat dengan model single glass yang membuat pandangan penumpang ke luar jadi lebih luas tanpa ada penghalang.

Kemudian, visual bodi bus masih menggunakan desain adaptasi dari bendera Marawa yang merupakan bendera masyarakat Minang, Sumatera Barat. Maka dari itu bus masih menggunakan kelir putih yang dipadukan dengan permainan garis livery kuning, merah dan biru.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Garasi Bus Adiputro (@garasi_bus_adiputro)

Bus baru PO Vido TransInstagram @garasi_bus_adiputro Bus baru PO Vido Trans

Baca juga: Sikap Antisipasi Pengemudi Saat Mobil Mengalami Rem Blong

Secara garis besar, desain tersebut merupakan DNA dari bus AKAP milik PO Gumarang Jaya. Hanya saja, bentuk atau tarikan garis livery bus tampak berbeda.

Bila livery bus AKAP milik PO Gumarang Jaya berbentuk melengkung seperti pelangi, livery pada bus PO Vidi Trans Nusa justru tampil lebih eksentrik dengan garis yang lurus dan lebih tegas.

Masuk ke bagian kabin bus, terdapat 50 kursi penumpang dengan konfigurasi 2-2. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan satu unit TV di area paling depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com