Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Perjalanan Jakarta-Palembang Naik Honda BR-V

Kompas.com - 21/12/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 biasanya dimanfaatkan pelancong untuk berekreasi atau mengunjungi sanak saudara di luar kota.

Salah satu kota tujuan yang menjadi destinasi adalah Palembang. Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata hingga warisan sejarah yang kaya untuk dikunjungi.

Bagi pelancong asal Jakarta yang hendak melakukan perjalanan liburan ke Palembang, sebaiknya mulai melakukan persiapan dan menghitungan estimasi biaya yang dibutuhkan.

Baca juga: Bepergian Saat Libur Nataru, Pastikan Obat-obatan Ini Ada di Mobil

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Palembang, akan melalui perjalanan darat melalui tol dalam kota menuju Tangerang, lalu lanjut ke Merak. Sesampainya di Pelabuhan Merak, pelancong harus menyeberang dengan kapal laut menuju Bakauheni.

Setelah sampai pelabuhan Bakauheni, perjalanan akan dilanjutkan menuju Tol Trans-Sumatera.

Berikut rincian tarif tol tiap ruas untuk kendaraan Golongan I, dikutip dari bpjt.pu.go.id, Rabu (20/12/2023):

  • Tol Jakarta (Tomang IC)-Tangerang : Rp 5.500
  • Tangerang (Cikupa)-Merak : Rp 53.500
  • Bakauheni (Selatan)-Terbanggi Besar : Rp 183.500
  • Terbanggi Besar-Kayu Agung : Rp 170.500
  • Kayu Agung-Palembang (SS Kramasan) : Rp 50.000

Gerbang Tol Palembang.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Gerbang Tol Palembang.

Jika diakumulasi, total perjalanan untuk Jakarta-Palembang untuk kendaraan Golongan I, biaya tolnya mencapai Rp 463.000.

Untuk pelancong yang menggunakan Honda BR-V, redaksi Kompas.com sudah pernah mengetes konsumsi BBM LSUV tersebut dan hasilnya 14,8 Kilometer per liter.

Dengan jarak Jakarta-Palembang sekitar 532 Km, maka Honda BR-V membutuhkan bensin sekitar 35,9 liter. Untuk pemakaian BBM jenis Pertamax dengan harga Rp 13.350 per Desember 2023, maka biaya yang perlu dipersiapkan adalah Rp 479.265.

Selain biaya tol dan BBM, pelancong yang ingin berlibur dari Jakarta ke Palembang juga harus menyiapkan dana untuk menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Penyeberangan ini ditempuh dengan jarak 30,6 kilometer, dalam waktu kurang lebih satu sampai tiga jam.

Ada dua tipe layanan yang bisa dipilih oleh pelancong, yakni regular dan express. Kedua layanan tersebut memiliki sejumlah perbedaan mulai dari harga tiket, durasi perjalanan, hingga fasilitas.

Antrian kendaraan saat akan masuk ke dalam kapal laut di Pelabuhan Merak, Banten. Simak daftar tarif terbaru penyeberangan Merak-Bakauheni per Agustus 2023.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Antrian kendaraan saat akan masuk ke dalam kapal laut di Pelabuhan Merak, Banten. Simak daftar tarif terbaru penyeberangan Merak-Bakauheni per Agustus 2023.

Untuk pejalan kaki (tanpa kendaraan) penumpang dewasa dan anak-anak usia dua sampai lima tahun akan dikenakan biaya Rp 22.700 untuk yang reguler dan Rp 78.000 untuk express. Sementara untuk bayi di bawah dua tahun akan dikenakan biaya Rp 1.800 untuk reguler dan Rp 4.000 untuk express.

Adapun untuk tarif Kendaraan Golongan IV A (kendaraan pengangkut penumpang kurang dari 5 meter) akan dikenakan biaya Rp 481.800 untuk reguler dan Rp 670.000 express.

Biaya kendaraan tersebut sudah termasuk penumpang yang berada di dalam mobil.

Baca juga: 63.908 Tiket Perjalanan Bus DAMRI Terjual Jelang Libur Nataru

Jadi, untuk perjalanan liburan dari Jakarta-Palembang dibutuhkan biaya Rp 1.424.065 jika pelancong menggunakan kapal Feri dengan tipe layanan reguler. Sedangkan jika menggunakan tipe layanan express Rp 1.612.265 Biaya tersebut sudah termasuk BBM dan tarif tol.

Namun perlu dicatat, hitungan ini bersifat estimasi, belum termasuk biaya tambahan konsumsi, akomodasi, jarak dari rumah ke tol, hingga biaya penunjang lain untuk liburan.

Setidaknya para pelancong bisa memperkirakan biaya transportasi jika mau berlibur Jakarta-Palembang menggunakan mobil pribadi, dalam hal ini, Honda BR-V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com