Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengurus Kunci Remote Mobil Hilang Lebih Murah ke Spesialis

Kompas.com - 17/12/2023, 17:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Kunci dan remote merupakan komponen keamanan pada mobil sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya. Hanya saja, ketika kunci dan remote hilang mobil menjadi tidak bisa digunakan.

Solusi yang biasa ditawarkan ke konsumen adalah dengan menghubungi diler selaku pemegang merek. Namun, sebenarnya sekarang sudah ada spesialis remote dan kunci mobil.

Artinya, ada harapan solusi kunci dan remote hilang bisa lebih mudah dan dengan biaya layanan lebih murah. Sekalipun sistem immobilier sudah banyak disematkan pada kendaraan bermotor.

Baca juga: Kunci Mobil Tertinggal di Dalam, Jangan Paksa Buka Kaca

Duplikasi kunci mobilKompas.com/Nanda Duplikasi kunci mobil

Yusuf, Pemilik Maestro Kunci mengatakan bila remote dan kunci motor hilang solusi yang diberikan biasanya adalah dua ke diler atau spesialis kunci dan remote mobil, karena tidak sembarang pihak bisa melakukannya.

“Masalah umumnya ketika tidak ada contoh kunci atau remote maka tidak bisa menirunya, tapi kami tidak, kunci tetap bisa ditiru tanpa harus mengganti atau merusak rumah anak kunci dan segala perangkatnya juga,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Kamis (14/12/2023).

Yusuf mengatakan untuk mobil dengan fitur immobilizer juga sebenarnya memiliki tingkat keselamatan lebih karena sudah dilengkapi cip.

Baca juga: Hitung Berapa Biaya Duplikasi Kunci Mobil

Duplikasi kunci mobilKompas.com/Nanda Duplikasi kunci mobil

Menurut Yusuf tidak cukup bisa meniru anak kunci saja pada mobil yang dilengkapi immobilizer tapi harus bisa mensinkronkan kode cip anak kunci dan rumah kunci sehingga saat kunci kontak diputar mesin bisa hidup.

“Pihak diler selalu menjadi rujukan soal hal keamanan ini, tapi sebenarnya kami bisa, bahkan solusinya jauh lebih ringkas tanpa perlu mengganti perangkat immobilizer,” ucap Yusuf.

Dengan terpangkasnya proses atau penggantian perangkat maka harapannya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan biaya lebih terjangkau.

Baca juga: Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

 

“Misal mobil yang sudah immobilizer kunci dan remotenya hilang, konsumen cukup membeli remote dan kunci saja, dengan demikian biayanya lebih terjangkau,” ucap Yusuf.

Yusuf memberikan contoh pada unit Honda HR-V dengan kunci dan remote immobilizer maka biayanya bisa berbeda.

“Ada yang tombol dan manual, namun keduanya sudah immobilizer maka yang kunci manual biayanya mulai Rp 1,5 juta dan yang tombol Rp 2 jutaan terima jadi, harga sudah termasuk remote dan kuncinya,” ucap Yusuf.

Yusuf mengklaim biaya yang ditawarkan bisa lebih murah sepertiga dari tarif bengkel resmi. Hal itu bisa terjadi lantaran pihaknya bisa memprogram ulang tanpa harus mengganti perangkat immoblizer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com