Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Hasil Tes Akselerasi Ban Bridgestone Ecopia EP300

Kompas.com - 17/12/2023, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini PT Bridgestone Tire Indonesia meluncurkan ban Ecopia EP300. Ban yang memiliki berbagai keunggulan ini sekaligus menggantikan produk sebelumnya yaitu Ecopia EP150.

Sebagai informasi ban EP300 memiliki teknologi Enliten yang diklaim ramah lingkungan, bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar, cengkeraman basah yang unggul dan masa pakai yang lebih lama.

Kompas.com berkesempatan untuk mengetes performa Ecopia EP300 di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Hasil Tes Pengereman Ban Bridgestone Ecopia EP300

Ada beberapa parameter yang dilakukan pada pengetesan performa Ecopia EP300, mulai dari tes pengereman di lintasan basah dan kering, tes akselerasi, free roll test, tes kenyamanan kabin, dan tes stabilitas saat melintas di jalan kering dan basah.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai tes akselerasi. Metode pengetesan menggunakan alat racelogic, pengukur kecepatan berdasarkan GPS.

Alat tersebut bisa tercatat hasil akselerasi dari 0-60 kilometer per jam (kpj) dan 0-100 kpj.

Pengetesan menggunakan mobil Honda WR-V. Waktu yang didapat untuk 0-60 kpj adalah 5,7 detik. Sedangkan untuk akselerasi 0-100 kpj, didapatkan waktu 12,1 detik.

Baca juga: Ulas Performa dan Konsumsi BBM Honda WR-V Dipakai Harian

Sebelumnya, sempat dilakukan tes serupa dengan menggunakan ban merek lain, dan hasil yang didapat menunjukkan angka yang sama. Namun perlu dicatat bahwa hasil akselerasi bisa saja, tergantung dari ban, cara pengendara menginjak pedal gas, hingga kondisi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com