Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Arogan di Jalan, Komunitas Avanza-Xenia Bikin Klarifikasi

Kompas.com - 11/12/2023, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, video viral di media sosial memperlihatkan anggota komunitas mobil melakukan tindakan arogan. Komunitas tersebut diketahui adalah pengguna Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @raniaasrimaydha, terlihat salah satu anggota komunitas tersebut melakukan pengancaman terhadap pengendara lain. Pada unggahan tersebut, dijelaskan juga kronologinya.

Baca juga: AXIC dan PT Toyota Astra Motor Gelar Kopdar di Kediri

Kejadian ini bermula ketika pengendara yang menjadi korban arogansi tersebut melakukan perjalanan dari Pangandaran ke arah Bandung. Kondisi jalanan lancar dan padat.

Lalu, dari arah belakang, muncul iring-iringan atau konvoi komunitas tersebut. Rombongan ini hendak menyalip mobil korban, tapi tidak berhasil. Setelah dipaksa dan berhasil menyalip, salah satu anggota komunitas itu turun dan mulai menunjukkan arogansinya.

Komunitas tersebut diketahui adalah Avanza Xenia Club Indonesia (AXCI), seperti terlihat pada sticker di kaca belakang salah satu mobil rombongan.

Baca juga: Cara AXIC Rayakan 17 Tahun, Bantu Tenaga Kesehatan

Sayangnya, yang beredar di media sosial berbeda. Banyak yang salah menyebut komunitas ini menjadi Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC).

Oknum komunitas pecinta Avanza Xenia melakukan arogansi di jalanDok. @agoez_bandz4 Oknum komunitas pecinta Avanza Xenia melakukan arogansi di jalan

Deny Kristianto, Ketua Umum AXIC, mengatakan, kejadian yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan atas perbuatan arogansi berkendara pada Minggu, 10 Desember 2023, bukan AXIC, melainkan dari AXCI.

"Atas nama Pengurus Pusat AXIC, kami mengutuk keras tindakan arogansi di jalan yang dilakukan oleh oknum rangkaian kendaraan seperti yang tersiar di media sosial," ujar Deny, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Oknum komunitas pecinta Avanza Xenia melakukan arogansi di jalanDok. @agoez_bandz4 Oknum komunitas pecinta Avanza Xenia melakukan arogansi di jalan

Deny menambahkan, pihaknya sangat menyesalkan ada pihak lain yang menyalahkan sepihak tanpa klarifikasi dan memeriksa ulang video terlebih dahulu.

"Dengan ini saya mengimbau untuk yang tidak dengan sengaja atau pun sengaja mencantumkan nama akun Instagram AvanzaXenia Club Indonesia (AXIC), untuk merevisi dan memperbaiki tulisan yang salah tersebut," kata Deny.

Deny mengatakan, pihak AXIC dan pihak korban yang menunggah video tersebut juga sudah berkomunikasi dan menyelesaikannya secara baik-baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com