Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Mesin Accord RS Hybrid dan CR-V Hybrid?

Kompas.com - 08/12/2023, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Accord e:HEV resmi meluncur di Indonesia. Di Tanah Air sedan flagship Honda tersebut hanya tersedia varian RS yaitu Accord RS Hybrid.

Accord RS Hybrid merupakan mobil hybrid kedua Honda yang meluncur di Indonesia. Adapun model pertama ialah CR-V Hybrid yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu.

Baca juga: Honda Menanti Keputusan Terkait Insentif Mobil Hybrid

Melihat sistem penggerak antara Accord RS Hybrid dengan CR-V Hybrid memang serupa. Mesin dibekali dua penggerak yang mampu bergerak secara individual dan bersinergi agar dapat konsumsi BBM terbaik.

Tampilan Samping All-New Honda Accord e:HEVKompas.com/Adityo Wisnu Tampilan Samping All-New Honda Accord e:HEV

Onsert Ophirio Ningtyan, Dealer Sales Skill Development Assistant Manager Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, mesin hybrid pada Accord RS Hybrid sama seperti CR-V Hybrid yaitu dominan pada motor listrik.

"Mengenai sistem penggerak apakah berbeda dengan CR-V (Hybrid) pada umumnya sama dengan CR-V karena kita dominan motor listrik dibandingkan bensin," ujar Onsert di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

"Ditambah pengembangan EV switch driver bisa pakai mode listrik, auto, atau charge," ujarnya.

Baca juga: Jajal Honda WR-V di Trek Khusus Bridgestone Proving Ground

Di atas kertas Accord RS Hybrid mengusung mesin bensin 2.0-liter, direct injection, 4-cylinder, Atkinson Cycle, DOHC yang dipadukan dengan sistem penggerak listrik alias dinamo.

Mesin bensin mampu menyuplai daya 143 Tk di 6.100 rpm, dengan torsi maksimum 179 Nm. Adapun tenaga serta torsi puncak motor listriknya ialah 181 Tk (5.000-8.000 rpm) dan 335 Nm (0-2.000 rpm).

All New Honda CR-V HybridDok. HPM All New Honda CR-V Hybrid

Yusak Billy, Direktur Penjualan dan Marketing serta Purnajual Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan mobil berstatus CBU Thailand tersebut diklaim memiliki efisiensi bahan bakar mencapai 25,6 Km per liter.

"Ini satu liter bisa 25,6 Km atau 92 gram CO2 per kilometer, itu pengujian. Tapi aktualnya sama seperti CR-V hybrid yang sama dengan Brio tapi fakta di lapangan saya pernah bawa di Bali itu 25,6 Km per liter," kata Billy.

Baca juga: Kawasan Bromo Bebas Kendaraan Bermotor pada 12-13 Desember 2023

Angka konsumsi BBM 25,6 Km per liter merupakan hasil uji internal dan seharusnya lebih tinggi saat dipakai di jalan.

Angka aktual konsumsi BBM Accord RS Hybrid juga diyakini lebih tinggi dibanding CR-V Hybrid. Sebab bobot Accord RS Hybrid lebih ringan 130 kg dan bodinya lebih aerodinamis.

"Hasil aktualnya kita belum coba. Harusnya bisa lebih irit," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com