Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Rekor yang Dipecahkan Ducati pada MotoGP 2023

Kompas.com - 05/12/2023, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati berhasil mempertahankan gelar juara dunia MotoGP melalui pebalap andalannya, Francesco Bagnaia. Selain gelar tersebut, terdapat pula sederetan rekor yang berhasil dipecahkan oleh Ducati pada MotoGP 2023.

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (5/12/2023), untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, Ducati berhasil mempertahankan gelar juara dunia untuk kategori pebalap.

Selain itu, Bagnaia juga memecahkan rekor tersendiri dengan menjadi pebalap pertama di era MotoGP yang menggunakan nomor start 1 dan berhasil mempertahankannya.

Baca juga: Marquez Tanggapi Dirinya Jadi Momok Saat Pindah ke Ducati

Musim ini, Ducati masih mendominasi grid dengan delapan motor. Tim pabrikan ada Bagnaia dan Enea Bastianini.

Lalu, dari kubu tim satelit, ada Jorge Martin dan Johann Zarco dari Pramac Racing, Marco Bezzecchi dan Luca Marini dari Mooney VR46, serta Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio dari Gresini Racing.

Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memegang piala medali usai memenangi Sprint Race MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (14/10/2023). Jorge Martin berhasil menjuarai Sprint Race dengan catatan waktu 19 menit 49,711 detik disusul pembalap Mooney VR46 Racing Team  Luca Marini dan Marco Bezzecchi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memegang piala medali usai memenangi Sprint Race MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (14/10/2023). Jorge Martin berhasil menjuarai Sprint Race dengan catatan waktu 19 menit 49,711 detik disusul pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini dan Marco Bezzecchi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

Para pebalap Ducati mencatatkan rekam jejak yang mengesankan. Dalam setiap seri, setidaknya ada satu pebalap Ducati yang naik podium. Lalu, dalam 20 balapan utama musim ini, ada 17 kemenangan untuk Ducati, dari enam pebalap Ducati yang berbeda.

Musim lalu, para pebalap Ducati berhasil meraih 12 kemenangan, 16 pole position, dan 32 podium. Empat pebalap juga masuk delapan besar pada klasemen akhir.

Baca juga: Prediksi Rossi Soal Performa Marquez di Ducati

Musim ini, rekor tersebut berhasil terlampaui. Para pebalap Ducati meraih 17 kemenangan pada balapan utama, 16 kemenangan pada sprint race, 43 podium, dan 17 pole position.

Ducati meraih gelar juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2023 lewat Alvaro BautistaDok. Ducati Ducati meraih gelar juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2023 lewat Alvaro Bautista

Rekor podium sebelumnya dipegang oleh Honda pada 1997. Saat itu, Honda bersama pebalapnya dari tim pabrikan dan tim satelit berhasil mengoleksi 39 podium.

Dengan jumlah Ducati yang mendominasi grid MotoGP, pabrikan asal Borgo Panigale ini sudah mempertahankan gelar juara dunia kategori konstruktor selama empat musim berturut-turut sejak 2020.

Motor listrik buat MotoE, Ducati V21LDok. Response Motor listrik buat MotoE, Ducati V21L

Pada kejuaraan balap lainnya, Ducati juga meraih kesuksesan. Ducati meraih gelar juara dunia pada World Supersport (WorldSSP) melalui Nicolo Bulega dan World Superbike (WorldSBK) melalui Alvaro Bautista.

Musim ini juga Ducati juga menjadi pemasok tunggal untuk MotoE. Kejuaraan dunia balap motor listrik ini sukses digelar dan mencatatkan Mattia Casadei jadi juaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com