Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Akas Mila Rilis 2 Bus Baru Pakai Livery Vintage Jilid Tiga

Kompas.com - 05/12/2023, 06:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Akas Mila Sejahtera kembali merilis dua unit bus baru menggunakan konsep livery lawas atau vintage.

Ini merupakan jilid ketiga PO Akas Mila mengelurkan bus dengan livery vintage. Peluncuran bus edisi spesial tersebut sebagai peringatan hari jadi Akas Mila yang ke 47 tahun.

Sama seperti sebelumnya, kedua bus masih menggunakan rancangan dari Karoseri Tentrem dengan balutan bodi Max Facelift double glass, ditopang sasis Hino AK240. Sasis Hino AK240 sendiri punya kekuatan mesin depan yang sudah Euro 4. 

Baca juga: Mitsubishi Triton Terbaru Raih Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

Bus baru PO Akas Mila Livery Vintage Kloter ke 3Instagram @tentrembusofficial Bus baru PO Akas Mila Livery Vintage Kloter ke 3

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. AKAS MILA SEJAHTERA (@akasmilasejahtera_official)

 

Livery bersejarah ini sengaja dipilih untuk memperingati perjalanan bisnis PO asal Probolinggo, Jawa Timur setelah beroperasi nyaris setengah abad.

Desain grafis livery menggunakan kelir dasar putih kombinasi garis biru tua, biru muda serta garis tipis hijau dan merah yang mengelilingi bodi. Tidak ketinggalan disematkan tulisan Akas berwarna kuning pada sisi samping.

Sama seperti kloter sebelumnya, bus baru akan digunakan untuk layanan kelas AC ekonomi trayek Banyuwangi - Jogja.  

Baca juga: Persiapan Libur Nataru, Korlantas Susun Agenda Pengamanan Lalu Lintas

Kabin bus menggunakan sekat pemisah antara ruang penumpang dan kru bus. Kemudian kursi penumpang hadir dengan konfigurasi 2-3.

Bila edisi sebelumnya jok kursi penumpang menggunakan balutan kain beludru hitam dengan motif garis oranye, kali ini tampil beda. Jok kursi penumpang bus ini menggunakan balutan kain beludru hitam dengan motif garis hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com