Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpel Rawat Jok Bahan Fabric

Kompas.com - 03/12/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jok fabric alias jok berbahan kain kembali jadi tren terutama buat pemilik mobil retro tahun 80'an dan 90'an yang mengejar tampilan standar pabrik.

Dari segi harga, fabric memang lebih murah dari material kulit. Tapi dari sisi perawatan jok mobil yang dibungkus dengan bahan fabric lebih sulit dibersihkan dan mudah menjadi menjadi sarang debu.

Baca juga: Pinjamkan KTP untuk Pengajuan Kredit Motor, Seorang Debitur Dipenjara 1 Tahun

Stefaan Ardino, pemilik Java Seat, workshop interior spesialis mobil retro di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, merawat joh fabric memang cukup sulit terutama yang warnanya terang karena mudah kotor.

Motif fabric punya Suzuki Katana 2000 menjadi salah satu yang paling laris karena populasi pengguna Katana yang masih banyak.Foto: Java Seat/Stefaan Ardino Motif fabric punya Suzuki Katana 2000 menjadi salah satu yang paling laris karena populasi pengguna Katana yang masih banyak.

"Kalau kita lihat dari pabrikan OEM mereka pakai fabric, harus diakui sulit merawat jok fabric yang warnanya terang seperti warna gading itu jauh lebih sulit ketimbang yang warnanya hitam atau abu-abu," kata Stefaan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Stefaan mengatakan, jok fabric warna terang mudah kotor dan jok berubah warna jadi hitam. Jika dibiarkan lama noda tersebut akan sulit dihilangkan dan membuat tampilan jok jadi jelek.

Baca juga: Tesla Cybertruck Resmi Meluncur, Jarak Tempuh 547 Km dan Tenaga 845 HP

"Nah cara paling mudah merawatnya yaitu kita beli foam cleaner, yaitu pembersih fabric yang bentuknya busa," kata Stefaan.

"Karena itu (foam cleaner) dengan kombinasi (komposisinya) bisa menyerap debu sampai dalam, setelah disemprot itu kemudian dilap saja pakai micro fiber, kalau kita mau melakukan perawatan sendiri di rumah," ujarnya.

Membersihkan jok mobil setelah libur lebaran. Jok berbahan fabric (kain) lebih mudah dibersihkan dibandingkan jok berbahan leather (kulit)freepik Membersihkan jok mobil setelah libur lebaran. Jok berbahan fabric (kain) lebih mudah dibersihkan dibandingkan jok berbahan leather (kulit)

Namun bila malas dan tidak ada waktu kata Stefaan, cara paling mudah serahkan saja ke bengkel interior mobil yang kini populasinya sudah banyak.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Mobil per Desember 2023

Stefaan mengatakan, pembersihan yang dilakukan di bengkel interior menggunakan alat vacum air. Alat tersebut membersihkan jok sampai dalam dan kemudian menyedotnya sampai bersih.

"Sekarang di sekitar kita kan sudah banyak tempat coating bodi mobil, nah mereka itu sekarang sudah banyak yang menyediakan paket membersihkan interior fabric jadi mereka unya vacum air, itu bisa deep cleaning," katanya.

"Itu bisa dilakukan setahun sekali. Kalau untuk tempatnya coba saja diriset-riset di tempat coating," kata Stefaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com