Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Subaru Belum Mau Jualan Mobil Listrik

Kompas.com - 24/11/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini semakin pesat, menyusul dengan banyaknya program akselerasi yang dilakukan pemerintah seperti insentif, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tak heran jika banyak merek mobil yang mulai memperkenalkan produk elektrifikasi di Tanah Air. Mulai dari hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV).

Namun ditengah gempuran elektrifikasi, salah satu produsen asal Jepang Subaru tampaknya masih menjual produk-produk yang berfokus pada mobil konvensional alias mesin bensin.

Baca juga: Enea Bastianini Tertarik Bergabung dengan KTM

Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia, mengatakan, ada beberapa hal yang membuat pihaknya belum mengenalkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia.

“Bagi kami, ketika meluncurkan line up tidak hanya listrik tetapi juga Internal Combustion Engine (ICE), kami harus benar-benar yakni bahwa produk tersebut sesuai dengan brand positioning Subaru di Indonesia,” ucap Arie, saat ditemui Kompas.com di Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2023).

Subaru Forester HybridDoc Carscoops Subaru Forester Hybrid

Selain itu, menurut Arie, yang tak kalah penting adalah bagaimana produk tersebut bisa diterima baik oleh masyarakat Indonesia.

“Karena itu, buat kami framing adalah hal yang paling penting sebelum memasukkan tipe tertentu ke Indonesia. Kami tidak mau memasukkan mobil tapi tidak sesuai, terus di setop. Jadi saat kita masukan satu tipe mobil ke Indonesia itu akan terus berada di market Indonesia,” kata Arie.

Baca juga: Subaru Belum Punya Rencana Bikin Pabrik di Indonesia

Sebagai informasi, saat ini Subaru memiliki lima model kendaraan yang dijual di Indonesia, mulai dari Subaru Forester, Crosstrek, BRZ, WRX hingga Outback. Semua kendaraan Subaru masih menggunakan mesin bensin, dan diimpor secara utuh langsung dari Jepang alias CBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com