Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalender Balap Formula E 2024 Dirilis, Tanpa Balapan di Jakarta

Kompas.com - 23/11/2023, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Formula E telah mengonfirmasi bahwa pada musim 2024 hanya akan berlangsung di 11 kota, tanpa balapan di Jakarta. Seperti diketahui, Jakarta sebelumnya sudah dua musim menggelar balap mobil formula bertenaga listrik Formula E.

Pada tahun ini misalnya, kota Jakarta menggelar dua balapan sekaligus di Sabtu dan Minggu pada Juni 2023.

Sementara pada musim depan, Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim ke-10 akan dimulai di Mexico City pada hari Sabtu, 13 Januari 2024.

Baca juga: Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

Mobil balap listrik Formula E GEN3Dok. Formula E Mobil balap listrik Formula E GEN3

“Formula E menghadirkan balap jalanan lebih baik dari siapa pun, dan kalender Musim 10 terakhir kami menghadirkan tantangan utama bagi tim dan pembalap di tahun kedua mobil balap GEN3 dengan perpaduan sempurna antara mobil jalanan yang ikonik,” ujar Jeff Dodds, CEO Formula E, dalam keterangan resmi (22/11/2023).

Formula E akan membuat sejarah tahun depan sebagai kejuaraan dunia motorsport pertama yang digelar di Tokyo, tepatnya di jalan sekitar pusat konvensi Tokyo Big Sight di tepi pantai Teluk Tokyo.

Formula E dan Pemerintah Metropolitan Tokyo telah bekerja sama untuk menyelenggarakan balapan di kota tersebut guna mendukung inisiatif Zero Emission Vehicle (ZEV), yang merupakan bagian dari strategi Zero Emission Tokyo.

Baca juga: Video Sepeda Listrik Roda Tiga Langgar Aturan di Jalan, Tidak Bisa Ditilang tapi Wajib Ditegur

Kota ini memiliki rencana aksi iklim yang bertujuan untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050.

Formula E juga akan balapan untuk pertama kalinya di Shanghai di Sirkuit Internasional Shanghai dengan balapan double-header pada hari Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024.

Balapan Formula E pertama kali diadakan di Beijing pada 13 September 2014, dengan Sanya dan Hong Kong juga menjadi tuan rumah.

Baca juga: Innova Zenix Jadi Mobil Hybrid Bekas Paling Dicari Konsumen

Suasana pit lane balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan mengikuti balapan Formula E, Sabtu (4/6/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suasana pit lane balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan mengikuti balapan Formula E, Sabtu (4/6/2022).

Sampai saat ini, total sudah ada tujuh balapan di China. Tercatat, balapan terakhir di Negeri Tirai Bambu berlangsung pada Maret 2019.

“Misano akan menjadi pengalaman baru yang luar biasa bagi semua orang, sementara balapan tambahan di Portland menandakan komitmen berkelanjutan kami terhadap pasar AS serta potensi pertumbuhan di kawasan ini,” kata Jeff Dodds.

Baca juga: Cara Mengenali Mesin Motor Bekas Sehat atau Tidak

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Berikut ini kalender balap Formula E 2024:

Mexico City: 13 Januari
Diriyah, Arab Saudi: 26-27 Januari
Hyderabad, India: 10 Februari
Sao Paulo, Brazil: 16 Maret
Tokyo, Jepang: 30 Maret
Misano, Italia: 13-14 April
Monaco: 27 April
Berlin, Jerman: 11-12 Mei
Shanghai, China: 25-26 Mei
Portland, Amerika Serikat: 29-30 Juni
London, Inggris Raya: 20-21 Juli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com