Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Formula E Jakarta 2023 Diprediksi Tembus Rp 5 Miliar

Kompas.com - 09/06/2023, 15:57 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Formula E Jakarta 2023 di sirkuit JIEC Ancol pada 3-4 Juni 2023 telah usai. Ada peningkatan signifikan jumlah penonton dibandingkan tahun lalu dan total keuntungan juga diprediksi meningkat.

Ivan C Permana, Project Director Jakarta E-Prix 2023 menjelaskan, sekitar 100.000 penonton menghadiri ajang balap jet listrik yang digelar selama dua hari penuh. Angka itu jauh melebihi tahun lalu yang berjumlah 60.000.

“Angka pastinya masih dihitung, cuma pastinya (jumlah penonton) yang hadir ada sekitar 100.000 orang selama dua hari,” ucapnya dalam konferensi virtual post race overview Formula E Jakarta 2023, Jumat (9/6/2023).

Dia menambahkan, banyak sekali implikasi positif yang terjadi akibat diselenggarakannya Formula E di Jakarta, mulai dari sosial, ekonomi, hingga kesehatan.

Baca juga: Sepeda Listrik yang Masuk Jalan Umum dan Melanggar Akan Kena Tilang dan Disita

Acara Fan Village jelang Formula E Jakarta 2023KOMPAS.com/daafa Acara Fan Village jelang Formula E Jakarta 2023

“Kami meyakini ada banyak manfaat positif yang terjadi, misalnya dari faktor ekonomi yang tentunya sangat berdampak untuk masyarakat sekitar. Selain itu, ajang balap ini nol-emisi, artinya tidak ada jejak karbon yang merugikan lingkungan,” ujarnya.

Ananda Mikola, Ananda Mikola, Head of Organizing Comitee Formula E Jakarta menambahkan, ajang balap internasional ini juga tidak sebatas momen olahraga saja, tetapi juga sarana edukasi yang baik untuk masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta.

Menurutnya, dengan diterapkannya standar pelaksanaan internasional berdasarkan aturan FIA, masyarakat bisa belajar untuk lebih disiplin dan teratur, serta meninggalkan budaya atau kebiasaan buruk seperti tidak tertib.

“Memang salah satu tantangannya adalah bagaimana cara mengedukasi masyarakat selama acara (Formula E 2023), tapi Alhamdulillah, hal ini bisa terlaksana dengan baik dan jauh lebih sukses.

Baca juga: Dukung IIMS 2023, Danamon Incar Pertumbuhan Kredit Otomotif Jangka Panjang

Pebalap Maserati, Maximilian Gunther, saat tampil dalam ajang Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Minggu (4/6/2023).Dok. Maserati Pebalap Maserati, Maximilian Gunther, saat tampil dalam ajang Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Minggu (4/6/2023).

Untuk diketahui, total perputaran uang dan gross revenue Formula E Jakarta 2022 tercatat senilai Rp 2,6 triliun yang diperoleh dari 60.000 penonton.

Terkait jumlah total keuntungan Formula E 2023, pihak penyelenggara masih melakukan perhitungan dan belum merilis angka pasti. Namun menurut prediksi, bisa mencapai dua kali lipat.

Hal itu disampaikan oleh Alberto Longo, Co-Founder sekaligus COO Formula E. Dirinya memuji antusiasme penonton Jakarta di tahun ini yang menurutnya, jauh lebih meriah dibandingkan tahun lalu.

“Karena acara baru saja selesai, kami masih melakukan penghitungan terkait total transaksi dan keuntungan yang diperoleh. Tapi secara keseluruhan, acara tahun ini betul-betul meriah, melebihi tahun lalu,” ucap dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com