Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Singkat SUV Listrik Premium Lexus RZ 450e di Sirkuit Formula E

Kompas.com - 22/06/2023, 18:06 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Secara rancang bangun, Lexus RZ 450e merupakan kembaran dari Toyota bZ4x yang sama-sama menggunakan penggerak motor listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV). Kendati demikian entah mengapa pesona RZ lebih menawan dibanding saudaranya.

Lexus Indonesia mengklaim bahwa secara spesifikasi, rancang bangun, dan desain, RZ mendapat keistimewaan. Terutama dalam hal desain dan material untuk menyesuaikan segmentasi pasar premium.

Baca juga: Pertegas Visi Lexus Electrified, Lexus Pamerkan The All New Lexus RZ di GJAW 2023

Spesifikasi dan detail desain sempat dibahas pada artikel sebelulmnya, nah, kesempatan kali ini awak redaksi hanya membahas impresi berkendara dari SUV seharga Rp 2,287 miliar.

Torsi berlimpah khas mobil listrik juga diberikan oleh Lexus RZ 450eKompas.com - Aris Harvenda Torsi berlimpah khas mobil listrik juga diberikan oleh Lexus RZ 450e

Bertempat di sirkuit Formula E di kawasan wisata Ancol, Jakarta, beberapa media diberi kesempatan menggeber SUV listrik kedua yang dijual Lexus di Indonesia setelah UX 300e, beberapa waktu lalu (20/6/2023).

Motor listrik ganda

Mobil berbobot 2.110 kg ini menggendong sumber tenaga motor listrik ganda yang diletakkan di depan dan belakang mobil. Jika dikonversi tenaga yang dihasilkan mencapai 308 tk dengan torsi 435 Nm.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Lexus RZ BEV di Indonesia

Gaya dorong (torsi) yang terbilang besar tersebut amat terasa saat pedal gas ditekan untuk berakselerasi. Torsi berlimpah dibayar kontan tanpa ada jeda bahkan tergolong brutal. Sehingga efek gaya dorong terasa hingga kepala menempel pada sandaran kepala.

Tekanan pada pijakan gas terpaksa harus disesuaikan saat keluar dari tikungan dengan sudut tajam. Sebab, jika tidak disesuaikan torsi besar tersebut bisa berakibat fatal terlebih di sirkuit Eprix tersebut tidak ada run off melainkan langsung dihadapkan tembok beton.

Kondisi ban spin pun kerap terjadi pada momen akselerasi saat keluar tikungan. Padahal efek tersebut sudah diantisipasi dengan sistem pembagian daya cengkram ke empat rodanya yang mengadopsi teknologi Direct4 technology (all wheel drive).

Aksi manuver Lexus RZ 450e Kompas.com - Aris Harvenda Aksi manuver Lexus RZ 450e

Selain itu ditunjang pula dengan pengawalan ketat sistem kontrol traksi dan stabilitas. Kedua keselamatan aktif tersebut disematkan guna memberikan stabilitas yang baik dan juga meminimalisasi kondisi pengendalian negatif.

Sama dengan varian RX 500h F Sport+, RZ juga dibekali teknologi 4 wheel steering sehingga bisa memberikan performa pengendalian yang lebih presisi.

Aksi manuver Lexus RZ 450e Kompas.com - Aris Harvenda Aksi manuver Lexus RZ 450e

Mode berkendara

Bagi pengemudi yang ingin berkendara santai, RZ 450e ini memiliki pilihan mode berkendara Eco. Selain itu terdapat pula pilihan Normal, Sport, dan Custom, serta salah satu mode yang khusus tersedia pada RZ adalah mode Range yang mampu memaksimalkan jarak tempuh berkendara.

Jika diamati dan dicoba saat tes singkat, pilihan mode berkendara itu diatur berdasarkan respon akselerasi dari sumber tenaga. Bahkan Anda pun bisa mengatur gaya berkendara sesuai keinginan pada menu Custom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com