Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formula E 2024 di Jakarta Ditiadakan karena Ada Pemilu

Kompas.com - 20/10/2023, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar tahun depan. Untuk itu, penyelenggaraan Formula E 2024 di Sirkuit Jakarta E-Prix akan ditiadakan.

Pihak penyelenggara sudah mengumumkan kalender balap Formula E untuk musim 2024. Dalam jadwal tersebut, Indonesia tidak masuk menjadi tuan rumah.

Baca juga: Keuntungan Formula E Jakarta 2023 Diprediksi Tembus Rp 5 Miliar

Keputusan pihak Formula E ini pun turut mendapat dukungan dari Ketua Panitia Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni.

Menurutnya, keputusan pihak Formula E sudah tepat demi menghindari terjadinya konflik kepentingan.

Mobil balap listrik dalam ajang Formula E Jakarta 2023 tengah melintas Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta.Dok. Electronic City Mobil balap listrik dalam ajang Formula E Jakarta 2023 tengah melintas Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta.

“Apresiasi sikap Formula E tentang hal tersebut. Memang ada baiknya dicoret agar tidak terjadi conflict of interest,” ujar Sahroni, dalam keterangan resminya.

Sahroni menambahkan, gelaran olah raga memang harus dijauhkan dari segala macam agenda-agenda politik. Hal tersebut demi menciptakan iklim dunia olahraga yang sehat dan bisa menghasilkan output yang maksimal.

Baca juga: Serba-serbi Para Pebalap Formula E Setelah Berlaga di Jakarta E-Prix

“Hal ini juga agar ajang olahraga tidak dijadikan sarana untuk berpolitik,” kata Sahroni.

Suasana layar tancap nobar Formula E Jakarta di Taman Lumba-Lumba Ancol bagi penonton yang memegang tiket festival, Sabtu (4/6/2022) sore.KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Suasana layar tancap nobar Formula E Jakarta di Taman Lumba-Lumba Ancol bagi penonton yang memegang tiket festival, Sabtu (4/6/2022) sore.

Untuk diketahui, semula balapan Formula E 2024 dijadwalkan berlangsung pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional Jakarta E-Prix, Jakarta Utara.

Namun karena berbagai kendala, termasuk pengiriman logistik yang dikhawatirkan dapat terhambat karena agenda pemilu, maka pihak Formula E memutuskan untuk meniadakan gelaran balap di Jakarta pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com