Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Michelin soal Keluhan Jorge Martin di MotoGP Qatar 2023

Kompas.com - 21/11/2023, 14:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Pramac Racing Jorge Martin mengeluhkan kualitas ban Michelin yang sangat buruk saat berlaga di MotoGP Qatar 2023 pada Senin (20/11/2023) dini hari.

Martin gagal memulai balapan dengan akselerasi sempurna sehingga posisinya merosot tajam, sekaligus membuang kesempatan untuk bersaing merebutkan peringkat atas yang diisi oleh Fabio Di Giannantonio dan Franceso Bagnaia.

Tidak sampai di sana, usai laga berlangsung sepuluh putaran, posisi Martin yang berupaya merebut posisi kelima pun terus merosot hingga finis di posisi ke-10.

Baca juga: Gagal Podium di MotoGP Qatar, Jorge Martin Salahkan Ban

Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Alex Marquez saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023. Francesco Bagnaia kembali menjauhi Jorge Martin di klasemen usai hasil MotoGP Qatar 2023. Penentuan juara dunia musim ini bakal terjadi di Valencia pekan depan. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)AFP/MOHD RASFAN Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Alex Marquez saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023. Francesco Bagnaia kembali menjauhi Jorge Martin di klasemen usai hasil MotoGP Qatar 2023. Penentuan juara dunia musim ini bakal terjadi di Valencia pekan depan. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)

Berkat hal terkait, selisih poin antara Martin dan Bagnaia menjadi 21 poin. Padahal sebelum balap utama, hanya terpaut 7 poin saja usai dirinya tampil agresif di Sprint Race Qatar 2023.

Menanggapi pristiwa yang dialami penantang juara dunia MotoGP 2022 tersebut, Bos Michelin Piero Taramasso sebagai pemasok ban untuk pebalap di ajang MotoGP buka suara.

Sebab ia bilang, satu-satunya pembalap yang komplain soal kualitas ban selepas main race MotoGP Qatar adalah Martin.

"Satu-satunya catatan negatif (setelah balapan) ialah terkait performa Jorge Martin. Dia mengeluh tentang ban belakang saat mengawali balap dan kemudian juga depan karena di tengah-tengah laga," katanya dilansir dari Crash, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Skema Kredit LMPV, DP mulai Rp 7 Juta, Angsuran Rp 4 Jutaan

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

Keluhan tersebut lantas ditindaklanjuti dengan menganalisa kondisi ban Martin ketika laga akan dimulai. Tetapi ia belum mau bicara lebih rinci soal teknisnya karena masih belum mendapatkan kesimpulan.

Namun yang pasti, kata Taramasso, ban yang dipasok timnya untuk balap dihadirkan langsung dari tempat merek produksi yaitu Prancis. Tidak ada yang dilakukan dengan ban itu lantaran langsung dipasang ke masing-masing motor pebalap MotoGP.

"Satu-satunya hal yang bisa kami katakan saat ini adalah tentang sejarah ban. Ban tersebut dibuat di Prancis dan kemudian dikirim langsung ke sini (lokasi balap)," kata dia.

"Tidak pernah dipasang, tidak pernah dihangatkan sebelum dipakai balapan. Karena itu, kami tidak memiliki indikasi yang salah. Namun kami akan tetap melihat data yang kami peroleh dari tim Pramac Racing dan segera menganalisisnya," lanjut taramasso.

Sebelumnya, Martin sangat kecewa dengan kualitas ban Michellin yang tidak seperti biasanya ketika berlaga di balap utama MotoGP Qatar 2023 pekan lalu.

Baca juga: Jadwal MotoGP Valencia 2023, Balapan Digelar Malam Hari

Ban diklaim tidak cukup mampu untuk mengeluarkan kemampuan optimalnya. Justru malah banyak kehilangan momentum sehingga memudahkan pebalap lain untuk bisa mendahului.

"Saya sangat kecewa karena kejuaraan ditentukan oleh ban yang rusak. Tapi ini terjadi pada saya. Itu sangat disayangkan. Tapi memang begitulah adanya," kata dia.

"Saya berjuang keras. Saya tidak memiliki pegangan belakang. Saya tidak bisa menghentikan lanjunya. Saya tidak bisa berbalik. Saya tidak bisa membuka throttle. Kondisinya seperti basah," tambah Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com