Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Sungkar Buka Peluang XForce Gantikan Xpander di Kejuaran Reli

Kompas.com - 20/11/2023, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pereli nasional sekaligus duta merek Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar membuka kemungkinan Mitsubishi XForce untuk jadi mobil balap reli menggantikan Xpander AP4.

Hal tersebut sering dengan basis mobil yang sangat memungkinkan karena punya beragam kesamaan Xpander di samping tubuhnya yang kompak. Sehingga sangat memungkinkan melibas berbagai rintangan pada ajang offroad.

"XPander selesai tugasnya dengan menjadi juara nasional 2021 untuk sprint rally dan 2022 untuk rally, itu cukup untuk pembuktian kami bila mobil ini hebat. Nanti mudah-mudahan di tahun depan kita buktikan dengan yang ini (XForce)," kata Rifat di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (19/11/2023).

Baca juga: Mitsubishi Klaim Konsumen Tidak Protes Soal Sunroof di XForce

XPander AP4 Bawa Rifat Sungkar Jadi Juara Nasional Sprint ReliMitsubishi XPander AP4 Bawa Rifat Sungkar Jadi Juara Nasional Sprint Reli

Lebih lanjut, Rifat menyatakan bahwa XForce kurang lebih sharing platform dengan Xpander tapi dikembangkan lebih lanjut menjadi SUV kompak dengan total 5 penumpang.

Adapun beberapa sektor yang dikembangkan meliputi sasis, rigity cabin, kaki-kaki, sampai konstruksi bodinya.

"Kalau Xpander 7 seater, sementara ini 5 penumpang. Jadi kalau dari point of view motorsport mobil ini kalau dipakai buat motorsport lebih punya benefit dibanding sebelumnya," kata dia.

Meski demikian dia belum dapat memastikan mobil balap apa yang akan dibuat. Saat ini dirinya baru membuat rancangan bodinya saja.

"Saya baru gambar body-nya dulu. Untuk cabangnya (motorsport) apa belum tahu, tapi kalau rally sangat menguntungkan karena mobilnya jauh lebih kecil," ujarnya.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik Volta 401, Cicilan mulai Rp 160.000 per Bulan

Xpander AP4KOMPAS.com/Ruly Xpander AP4

Diketahui, tim Rifat melakukan pengembangan Xpander untuk menjadi kendaraan reli hingga satu. Dengan berbagai penyempurnaan, kendaraan jadi salah satu model yang tangguh di ajang terkait.

"Kalau cabang (motorsport) lain mungkin bisa lebih cepat, tapi kalau rally sudah pasti sekitar enam bulan, Xpander saja setahun," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com