Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Perdagangan Dongkrak Penjualan Suzuki Carry pada Oktober 2023

Kompas.com - 13/11/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), merasakan dampak positif dari meningkatnya pendapatan pada beberapa sektor perdagangan, imbas adanya penyesuaian harga jual jasa dan komoditas usaha.

Kondisi ini terasa pada naiknya penjualan ritel Suzuki Carry sebesar 25 persen pada Oktober 2023 jika dibandingkan dengan pencapaian pada bulan sebelumnya.

Tercatat ada tiga daerah yang menjadi kontribusi utama penjualan Carry pada Oktober lalu, yakni Sumatera, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Setelah itu ada Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara.

Wilayah Sumatera dengan putaran ekonomi yang didominasi perkebunan sawit, karet, serta batu bara memberikan kontribusi 19 persen pada penjualan Carry di Oktober 2023.

Baca juga: Penjualan Mobil Masih Melambat pada Oktober 2023

Untuk wilayah Jawa Tengah menyumbang 9 persen dari sektor pertanian, dan Jawa Timur sebanyak 8 persen dari wirausaha di bidang perdagangan serta jasa.

Suzuki Carry PikapSIS Suzuki Carry Pikap

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS mengatakan, secara nasional penjualan ritel Carry pikap yang didesain menjadi kendaraan pendukung operasional para wirausaha di Tanah Air berhasil mencapai 3.779 unit pada Oktober 2023.

"Kami senang bahwa putaran ekonomi para pengguna Suzuki New Carry terus tumbuh, selaras dengan kepercayaan pelanggan setia kami terhadap ketangguhan dan fungsionalitas dari Carry," ujar Randy dalam keterangan resminya, Minggu (12/11/2023).

Seperti diketahui, segmen konsumen Carry didominasi sektor usaha kecil dan menengah, di mana biasanya jumlah kepemilikan unit per konsumen cenderung dibatasi sesuai kebutuhan usaha.

Baca juga: Modifikasi Suzuki Jimny Jadi Mercedes-Benz G Wagen Klasik


Untuk menghadapi tantangan kondisi itu, karakter dan kebutuhan kalangan tersebut akan sangat memperhatikan kelebihan produk yang dapat memperlancar usahanya. Dari kemampuan daya angkut yang besar sampai performa mesin yang kuat.

Tak hanya itu, daya tahan sebagai kendaraan pengangkut juga jadi perhatian serius karena durasi pemakaian mobil akan tergolong tinggi dengan kondisi beban angkut yang tidak ringan.

Untuk menambah minat konsumen, Suzuki telah menyediakan ragam promo menarik untuk Carry yang berbeda-beda di tiap wilayah.

Kemudahan dalam sisi kepemilikan dan purnajual juga terjamin melalui 172 bengkel resmi 3S, 19 diler 2S, dan 41 outlet service point yang tersebar di Indonesia.

Suzuki Carry sebagai kendaraan mikrotransSIS Suzuki Carry sebagai kendaraan mikrotrans

Randy mengatakan, konsumen yang berada jauh dari kota dapat dilayani dengan home and moving service Suzuki yang mampu menjangkau daerah dengan jarak hingga 30 Km atau lebih. Dengan demikian, untuk lokasi terpencil serta sulit dijangkau tetap bisa mendapat layanan servis resmi.

"Peningkatan penjualan New Carry ini membuktikan komitmen kami yang akan terus berupaya menjadi top mobil pikap andalan wirausahawan Tanah Air," ucapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com