Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Bocorkan Rencana Peluncuran Model Baru Ertiga di Indonesia

Kompas.com - 28/10/2023, 09:02 WIB
Agung Kurniawan

Editor

TOKYO, KOMPAS.com – Sejak meluncur pada 2018, Suzuki Ertiga bisa dibilang belum pernah mendapatkan ubahan yang terbilang masif.

Ertiga generasi kedua terakhir kali dapat penyegaran tahun 2022, ketika itu Suzuki menyematkan teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Teknologi Suzuki Smart Hybrid bermanfaat menghemat konsumsi bahan bakar, terutama untuk mereka yang tinggal di kota besar dan akrab dengan kemacetan kota yang bisa berjam-jam lamanya.

Terdapat dua komponen baru yang ada pada teknologi ini, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery, keduanya berfungsi sebagai alternatif mesin penggerak yang bisa digunakan ketika mobil sedang berada di tengah kemacetan.

Sebagai informasi, Ertiga Hybrid mengusung mesin K15B denga daya maksimum 104,7 PS atau setara 102 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Ertiga Bekas, mulai Rp 100 Jutaan

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid untuk jalur luar kotaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid untuk jalur luar kota

Berselang satu tahun sejak Ertiga Hybrid meluncur, rumor beredar bahwa Suzuki tengah menyiapkan peluncuran model baru Ertiga.

“Ertiga baru bakal meluncur tahun depan, awal tahun depan,” kata Dony  Ismi Himawan Saputra, 4W Sales and Marketing  Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, kepada Kompas.com, di Hamamatsu, Jepang, Kamis (26/10/2023).

Tapi sayang, belum diketahui seperti apa wujud dari calon Ertiga baru. Namun rencana ini jelas menjadi angin segar, apalagi persaingan di kelas Low MPV terbilang sporadis.

Karena hampir semua merek-merek besar punya wakilnya di segmen ini. Kehadiran Ertiga model baru patut ditunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com