Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Motor Kopling Saat Melewati Tanjakan

Kompas.com - 10/11/2023, 17:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini banyak pengendara motor yang belum begitu mengerti cara memanfaatkan kopling dengan baik dan benar ketika melintas di tanjakkan. Akibatnya, usia beberapa komponen bisa lebih cepat habis dari seharusnya di samping turunnya kenyamanan.

Padahal, dikatakan Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora Ludhy Kusuma, asalkan pengendara tahu tekniknya maka berkendara di kontur jalan dimaksud akan sangat mudah.

"Pertama, pastikan untuk tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi gigi atau transmisi yang masuk," kata dia dalam pernyataan tertulis, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: Pasang Stiker Nama Keluarga di Mobil Bisa Undang Pelaku Kejahatan

Ilustrasi berkendara saat hujan.motorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan.

Pengendara bisa menggunakan gigi rendah untuk memperkuat torsi atau tenaga motor untuk melewati tanjakan.

Kurangi penggunaan kopling yang berlebihan saat menanjak, karena hal tersebut akan membuat usia kampas kopling cepat habis, dan membuat tangan kita menjadi lebih pegal karena harus terus bersiap di tuas kopling.

“Dalam keadaan menanjak, sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi, penggunaan kopling yang terlalu sering atau menggunakan setengah kopling akan membuat part pada bagian kopling cepat habis atau aus," ucap Ludhy.

“Selain itu juga hindari jari yang bersiap di tuas kopling, agar pengendalian stang motor juga lebih maksimal, cukup gunakan saja gas dan rem belakang," tambahnya.

Dalam setiap tanjakan selalu pastikan kaki kanan bersiap di rem belakang, agar saat motor berhenti mendadak atau terjadi kemacetan, motor bisa berhenti dengan stabil dan tidak akan mundur lagi.

Baca juga: Jelang Nataru, Lalu Lintas Tol Semarang-Solo Mulai Meningkat

Ilustrasi tuas kopling motorStanly/Otomania Ilustrasi tuas kopling motor

Jadi saat melewati berbagai macam jenis tanjakan yang paling penting adalah selalu menjaga postur berkendara yang aman dan nyaman.

Pastikan selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap agar mengurangi dampak negatif dari kecelakaan apabila terjatuh saat menggunakan sepeda motor.

"Pengendara juga harus selalu mengikuti peraturan rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan yang sedang dilewati agar selalu selamat sampai tujuan, jadikan keselamatan hal yang paling utama saat sedang berkendara," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com