Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Perkenalkan Electric Himalayan Test Bed

Kompas.com - 09/11/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield memberikan kejutan dengan memperkenalkan Electric Himalayan Test Bed di Eicma 2023. Motor yang gayanya petualang ini merupakan langkah Royal Enfield menyiapkan motor listrik di masa depan.

Dikutip dari Rideapart, motor ini belum siap produksi, karena sesuai namanya, Himalayan listrik ini buat dites, diuji. Jadi nantinya Electric Himalayan ini jadi basis tes motor listrik Royal Enfield di masa depan.

Secara tampilan, Electric Himalayan Test Bed tampil berbeda dengan Himalayan 452 yang juga baru meluncur di Eicma 2023. Motor tes ini sangat fokus ke performa, suspensi depan upside down berukuran besar dan yang belakang pakai Ohlins.

Baca juga: Royal Enfield Eleanor Kolaborasi Frontwheel Motors dan Rea Racing Team

Royal Enfield perkenalkan Electric Himalayan Test Bed di Eicma 2023Rideapart Royal Enfield perkenalkan Electric Himalayan Test Bed di Eicma 2023

Selain itu, motor listrik ini juga kehilangan beberapa panel bodi, beda dengan Himalayan versi produksi. Jadi kelihatannya memang disiapkan buat pengetesan, bahkan yang bentuknya seperti tangki itu sebenarnya adalah port buat mengecas.

Soal performa, Royal Enfield menutup rapat informasi yang lebih detail. Cuma bisa dilihat saja kalau modelnya petualang, pelek depan pakai 21 inci dan belakang 17 inci, dibalut dengan ban dual-purpose.

Baca juga: Mengapa Ban Mobil Penumpang Tidak Ada yang Vulkanisir?

Menarik kalau dilihat ternyata Royal Enfield mempertimbangkan motor petualang yang jadi basis pengetesan motor listrik di masa depan. Padahal bisa saja Royal Enfield buat prototipe dengan model motor klasik yang memang jadi ciri khasnya.

Jadi mari kita tunggu saja akan seperti apa motor listrik Royal Enfield di masa depan. Kalau dilihat, pabrikan motor Inggris-India ini sangat menyiksa unit tes Electric Himalayan untuk tahu berbagai batasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com