Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hankook Tak Tertarik Jual Ban Mobil Listrik Wuling Air EV

Kompas.com - 06/11/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Hankook resmi melansir ban khusus buat mobil listrik Hankook iON. Ban ini punya ukuran 19 inci-22 inci yang artinya hanya tersedia untuk Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang saat ini eksis di Indonesia.

Yoonsoo Shin, Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, saat ini mobil listrik yang paling banyak beredar di Indonesia hanya dua yaitu Ioniq 5 dan Wuling Air EV, namun belum tertarik bawa ban buat Air EV.

Baca juga: Cara Membaca Speed Index di Ban, Bukan Berarti Ugal-ugalan

"Penjualan terbanyak saat ini ialah Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV. Wuling Air EV pakai ban 12 inci yang mana kami tidak punya ban sekecil itu dan Ioniq 5 20 inci," kata Shin pekan lali di Jakarta.

Ban mobil listrik Hankook iONDok. Hankook Ban mobil listrik Hankook iON

Shin mengatakan, sejauh ini pihaknya belum memikirkan membuat ban mobil listrik ukuran kecil untuk mengakomodir pengguna AIr EV.

"Mobil listrik ban kecil penjualannya masih kecil di Indonesia hanya Air EV model lain penjualannya juga sedikit. Hankook yang ingin jadi penyedia ban mobil listrik terbaik," katanya.

"Kami tidak yakin kalau membawa ban sekecil itu di Indonesia, mungkin 15 inci," ujar Shin.

Baca juga: Pakai Model Terlaris Hino, PO Putra Simas Tambah 2 Unit Bus Baru

Ban mobil listrik Hankook iONDok. Hankook Ban mobil listrik Hankook iON

Apriyanto Yuwono, Manager Penjualan Nasional Hankook, mengatakan, Hankook baru menyediakan ban mobil listrik ukuran besar sebab saat ini pengembangan ban Hankook iON berada di Hongaria.

Baca juga: Video Naikkan Motor ke Atap Bus Pakai Forklift

Di Eropa pemakaian mobil listrik cukup banyak dan mayoritas ialah sedan dan SUV listrik. Sehingga belum punya ban khusus mobil listrik dengan ukuran kecil.

"Kenapa kami hanya meyediakn ring besar karena pengembangan saat ini ada di Hongaria dan di sana untuk kendaraan sendiri mayoritas SUV dan sedang dengan ukuran besar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com