Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Tunggal Jaya Luncurkan Bus Pakai Livery AE86 Initial D

Kompas.com - 05/11/2023, 07:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Tunggal Jaya resmi meluncurkan bus baru dengan desain yang dibuat mirip dengan mobil yang digunakan oleh Takumi di Initial D

Intial D merupakan seri manga era '90-an yang diadaptasi menjadi anime dan film live action berjudul sama.

Manga ini bercerita tentang pemuda bernama Takumi, pengantar tahu yang jago mengendarai mobil di medan ekstrem pegunungan sekaligus jadi pebalap liar.

Apabila mobil milik Takumi merupakan Toyota Sprinter Trueno AE86, unit milik PO Tunggal Jaya menggunakan bodi bus Jetbus 5 rakitan Karoseri Adiputro.

Sebelum dirilis secara resmi, bocoran bus baru ini ramai diperbincangkan di media sosial, tidak hanya para penggemar bus namun para pecinta anime dan manga dari Jepang. 

Baca juga: Harga Hatchback Bekas per November 2023, Jazz mulai Rp 43 Jutaan

Berdasarkan  foto diunggah oleh Instagram @garasi_bus_adiputro, desain eksterior bus sangat serupa dengan mobil milik Takumi.

Bus menggunakan kelir dasar putih dengan livery garis hitam yang mengelilingi area bodi bawah. Kemudian, pada bodi sambil bertuliskan huruf Jepang yang dibaca Fujiwara Tofuten atau Toko Tahu Fujiwara.

Kabin bus baru PO Tunggal Jaya konsep Initial DInstagram @garasi_bus_adiputro Kabin bus baru PO Tunggal Jaya konsep Initial D

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya, Ducati Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Garasi Bus Adiputro (@garasi_bus_adiputro)

 

Kendaraan untuk layanan pariwisata dengan desain unik ditopang oleh sasis bus Hino Rm280. Sementara itu, pada bagian dalam bus tampil dengan nuansa gelap lewat permainan warna hitam dari beberapa interior bus.

Kursi penumpang menggunakan jok hitam dengan konfigurasi 2-2. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi TV dan dispenser air minum. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com