Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sistem Kerja Baterai Savart S-1

Kompas.com - 31/10/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang menarik dari Savart S-1 selain menggunakan dinamo tope mid drive, baterai motor listrik yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur, ini mengunakan dua baterai jaringan seri.

William E. Taifan, CEO PT Garda Energi Nasional Indonesia sebagai produsen Savart mengatakan, dua baterai tersebut satu kesatuan.

Baca juga: Savart Siapkan Motor Listrik Lain, Lebih Murah dari S-1

Motor listrik Savart di IMOS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik Savart di IMOS 2023

"Kita sistemnya dua baterai satu kesatuan, seri bukan paralel. Jadi bukan seperti satu baterai habis kemudian pindah. Jadi kalau swap dua duanya," kata William yang ditemui di ICE BSD City, pekan lalu.

Tujuannya kata William agar jarak tempuhnya bisa panjang. Berdasarkan brosur resmi baterai ini bisa membawa motor berkelana sejauh 120 km.

"Kalau kita mau range panjang baterainya mesti besar," ujarnya.

Baca juga: Kental Nuansa Seni, Sektor Mesin Truk Ini Kena Sentuhan Batik

Konsumen mengamati rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1Kompas.com/Daafa Alhaqqy Konsumen mengamati rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1

Spesifikasi Savart S-1 menggunakan baterai Lithium Ion NMC dengan spesifikasi 72 V 65 Ah. Motor ini sanggup memproduksi 18,7 tk dan torsi sampai 250 Nm.

"Kecepatannya sampai 120 kpj itupun sudah kami batasi," kata William.

"Jarak tempuh kita coba normal mode, ini tidak bohong-bohong ya, karena biasanya ada yang sering lihat di media ternyata klaimnya tidak sesuai kalau kita sesuai itu, 110 km itu dengan rata-rata kecepatan 60 kpj," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com