Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Savart Siapkan Motor Listrik Lain, Lebih Murah dari S-1

Kompas.com - 31/10/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Savart resmi meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023. Diharapkan merek asli Indonesia ini bisa bertarung di segmen motor listrik Tanah Air.

William E. Taifan, CEO PT Garda Energi Nasional Indonesia sebagai produsen Savart mengatakan, untuk penetrasi awal pihaknya mengincar pasar motor listrik kelas menengah ke atas.

Baca juga: Pembentukan Industri Kendaraan Listrik Lebih Cepat daripada ICE

Rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1Kompas.com/Daafa Alhaqqy Rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1

Savart punya dua tipe yaitu, S-1 dengan harga Rp 42 juta tanpa baterai, lalu S-1P Insigna dipasarkan Rp 45 juta tanpa baterai, dan Rp 58 Juta lengkap dengan baterai.

"Sebetulnya kami masuk ke segmen upper middle, untuk perusahaan baru seperti kami belum memiliki economic skill," ujar William yang ditemui di Tangerang, pekan lalu.

"Jadi kami belum bisa produksi 1 juta unit per tahun jadi cost kami cukup tinggi dibandingkan mereka yang bisa produksi 1 juta - 2 juta unit per tahun. Jadi untuk sementara kami bermain di segmen ini," katanya.

Baca juga: Charged Indonesia Siapkan 3 Motor Listrik Baru di Tahun Depan

Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

William mengatakan, ke depan secara bertahap pihaknya akan melebarkan model lain dan masuk ke kelas yang lebih bawah. Sayangnya tidak merinci di kelas apa, sebab saat ini segmen motor listrik dibagi beradasarkan patokan harga.

"Ke depannya kami akan masuk ke segmen lain di bawahnya. Ya desainnya sudah kami siapkan," ujarnya.

William juga masih menutup model baru tersebut. Pria yang punya gelar PhD bidang chemical engineering itu enggan bicara kapan Savart dengan harga lebih terjangkau tersebut bisa mengentak pasar motor listrik Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com