Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Ford Everest Bekas, Kenali Dulu Beda Mesin TDI dan TDCI

Kompas.com - 31/10/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ford Everest merupakan mobil sport utility vehicle (SUV) yang cukup digemari. Perawakan gagah dan besar, bikin mobil Amerika Serikat ini jadi pilihan menarik di bursa mobil bekas.

Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan mengatakan, bagi yang tertarik memiliki Everest bekas kenali dulu jenis mesinnya.

Hal ini karena Ford Everest lawas memiliki dua jenis mesin yakni, TDI dan TDCI.

Baca juga: Tilang Uji Emisi Sadarkan Masyarakat Tentang Kontrol Polusi Kendaraan

Secara sederhana, TDI merupakan singkatan dari Turbocharged Direct Injection biasanya dipakai oleh Everest tahun tua. 

Untuk TDCI merupakan Turbocharged Diesel Common Rail Injection merupakan teknologi baru.

Ford Everest ada dua tipe ada TDCI ada TDI.KOMPAS.com/Gilang Ford Everest ada dua tipe ada TDCI ada TDI.

"Orang tanya sama saya mau beli Everest, bandel yang TDI atau TDCI, saya bilang itu beda mesin, kalau bandel selama dia sehat semua sama-sama bandel," ujar Ferry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Secara perawatan, Everest lama yang belum pakai common rail lebih mudah karena komponennya lebih sedikit. Tapi soal tenaga, kalah dengan mesin TDCI yang punya beberapa keunggulan.

"TDI itu masih SOHC sedangkan TDCI sudah DOHC. Cuma biaya perawatan TDCI lebih besar, karena dia sudah ada ECU dan common rail, dari segi perawatan lebih mahal tapi tenaga jauh lebih besar," ujarnya.

Edi Artanto, kepala bagian suku cadang FAS mengatakan, Everest TDI dan TDCI dapat dikategorikan dari tahun masing-masing.

Baca juga: Diggia Beri Sinyal Soal Masa Depannya di MotoGP, Gantikan Marquez?

Bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan,

"Everest TDI cenderung dari 2006 ke bawah tanpa common rail, sedangkan yang 2006 ke atas TDCI sudah common rail," ujar Edi.

Penelusuran Kompas.com di situs jual beli daring, harga Ford Everest cukup stabil. Untuk lansiran 2004 dengan kondisi bagus dijual Rp 125 juta, kemudian 2009 berkisar Rp 155 jutaan.

Sedangkan Everest tahun yang lebih muda seperti 2013, banderolnya tembus di atas Rp 200 jutaan. Adapun model 2014 sudah Rp 255 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com