Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Vision Copen Bergaya Roadster, Siap Jadi Penantang Mazda MX-5

Kompas.com - 30/10/2023, 17:51 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil konsep Daihatsu Vision Copen baru saja memulai debutnya di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023. tepatnya di Tokyo Big Sight, Tokyo Jepang, pada 25 Oktober 2023.

Mobil konsep bertenaga bensin ini digadang bakal menjadi pesaing dari Mazda MX-5 jika diluncurkan di masa depan.

Salah satu seniman digital terkenal bernama Theottle menciptakan rendering Vision Copen dalam bentuk roadster dan coupe, dengan beberapa fitur yang sudah disunat sehingga terlihat cocok untuk model produksi.

Baca juga: 4 Pebalap Kedapatan Langgar Regulasi Ban, Termasuk Jorge Martin

Dikutip dari Carscoops, Senin (30/10/2023), pada bagian depan, Theottle mengganti lampu depan dan lampu belakang dengan LED yang lebih konvensional. Seniman digital ini juga memberi salah set pelek baru berdiameter kecil yang ditawarkan untuk trim rendah.

Tak hanya itu, Theottle juga mengubah warna eksterior dari yang semula silver menjadi kelir merah, sehingga memberi kesan yang lebih agresif. Ia juga memberi sedikit aksen berwarna hitam seperti di pilar A, kaca spion hingga rumah lampu utama di bagian fascia.

Rendering Daihatsu Vision CopenDoc Carscoops (Theottle) Rendering Daihatsu Vision Copen
Theottle juga menghadirkan dua versi yakni roadster dan coupe. Versi imajiner ini membutuhkan beberapa komponen yang didesain ulang, seperti untuk versio coupe butuh perubahan mulai dari atap, panel di bagian belakang, bak belakang, serta kaca belakang yang disesuaikan.

Baca juga: Teknik Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan

Sebagai informasi, Daihatsu Vision Copen memiliki dimensi yang lebih panjang dari generasi sebelumnya, yakni 3.835 mm. Dimensi tersebut hampir mendekati Mazda MX-5.

Terlebih Daihatsu juga sudah mengungkap terkait jantung pacu Daihatsu Vision Copen, di mana mobil ini bakal dibekali mesin 1.300 cc.

Artinya, bila benar diluncurkan, mobil ini tidak lagi masuk ke dalam segmen kei car dan bisa menjadi alternatif coupe dengan harga yang terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com