Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Kontes Modifikasi Ini Sukses Gelar Acara di Jogja

Kompas.com - 26/10/2023, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran final  sukses digelar di Yogyakarta pada 21-22 Oktober 2023 di Jogja Expo Center, Yogyakarta.

Yogyakarta dipilih menjadi tempat pelaksanaan babak final BlackAuto Battle tahun ini karena dianggap berhasil mendukung pertumbuhan industri car tuning di kota dan wilayah Jawa Tengah.

Boy Prabowo, perwakilan penyelenggara BlackAuto Battle 2023 mengatakan, Yogyakarta memiliki letak yang strategis untuk gelaran acara ini.

Baca juga: Mobil Listrik Neta U Meluncur Kuartal III 2024, Sudah Rakitan Lokal

“Jogja kami pilih sebagai tuan rumah babak final dari kontes modifikasi ternama di Indonesia ini karena mampu mendukung dan merangsang industri car tuning di wilayah sekitarnya,” ungkap Boy dalam keterangan resminya, Rabu (25/10/2023).

Acara ini juga menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning), sehingga babak final kontes car tuning mampu menghasilkan jawara modifikasi hasil dari proses penilaian yang fair dan profesional.

BlackAuto Battle 2023DOK. BlackAuto Battle BlackAuto Battle 2023

"Penjurian yang dilakukan oleh asosiasi APACT di ajang ini sangat fair dan menggunakan metode terukur, sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan di setiap kategori yang dilombakan," ungkap Boy.

BlackAuto Battle 2023 terbagi dalam dua kelas/kategori kontes besar, yaitu Culture yang mewakili genre modifikasi good looking dan fashionable, serta Contest Car yang mewakili genre yang lebih progressive.

"Masing-masing kelas atau kategori ini mempunyai karakteristik yang berbeda tentunya. BlackAuto Battle ingin mengakomodir kebutuhan keduanya yang memang sedang hype di dunia anak muda saat ini,” jelas Boy

Dari hasil penjurian, yang menjadi juara Culture Black Auto Master adalah Toyota FT86-PAW dan Contest Black Auto Master diraih Suzuki Swift Diora Family. Masing-masing peraih gelar Master ini mendapat uang tunai sebesar Rp50 juta.

Baca juga: Masalah Rangka Motor Diklaim Tak Pengaruhi Penjualan AHM

BlackAuto Battle 2023DOK. BlackAuto Battle 2023 BlackAuto Battle 2023

Final BlackAuto Battle tidak hanya mempertandingkan kategori Culture dan Contest Car saja. Di sektor modifikasi car audio hadir Black Out Loud yang dipertandingkan di hari pertama.

Black Out Loud mempertandingkan tiga kelas/kategori lomba, yakni SQ, SQL dan SPL. Kemudian alat ukur SPL menggunakan alat yang juga digunakan di hampir semua asosiasi car audio dunia dan Term Lab Magnum.

Untuk SQ, Blackauto Battle 2023 menggandeng tiga asosiasi car audio sekaligus, yaitu EMMA (Eropa) dan MECA (Amerika) dan I-CAN (Asia/Indonesia).

Kemudian, BlackAuto Battle menjadi satu-satunya kontes car tuning. Disini peserta dengan ubahan di sektor engine diukur kemampuannya secara real time melalui alat yang disebut dynamo meter.


Penyelenggara menggunakan Mainline Dynolog, salah satu pabrikan alat dyno terbaik di dunia yang kerap digunakan sebagai alat standar dari banyak kegiatan race dan performance dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com