Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kemenperin Mau Standardisasi Baterai di Indonesia

Kompas.com - 26/10/2023, 09:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) bakal melakukan standardisasi baterai untuk sepeda motor listrik berbasis baterai di dalam negeri guna mendorong percepatan atas ekosistem elektrifikasi nasional.

Pasalnya, dengan menerapkan standar untuk baterai, akan memberikan keuntungan bagi semua pihak, baik produsen maupun konsumen. Pada akhirnya, membuat keamanan dan kenyamanan penggunaan lebih baik.

Mengingat, sebagaimana dikatakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kementerian Perindustrian R. Hendro Martono, saat ini varian atas komponen baterai sangat banyak.

Baca juga: Tanpa Produk Baru, Polytron Tawarkan Program Sewa Baterai di IMOS 2023

Motor listrik Honda EM1 e: pakai teknologi Honda Mobile Power Pack yang bisa swap baterai sekaligus isi daya di rumahDok. Honda Motor listrik Honda EM1 e: pakai teknologi Honda Mobile Power Pack yang bisa swap baterai sekaligus isi daya di rumah

"Sebenarnya kita sudah punya 7 standar terkait baterai, mencakup battery management, battery packing, sampai tegangannya. Namun variannya masih sangat banyak," katanya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu (25/10/2023).

"Kalau terlalu banyak standar nanti terlalu banyak pilihan kompatibilitasnya," lanjut dia.

Salah satu bagian yang dimaksud, Hendro mencontohkan, ialah soal dimensi baterai. Hal terkait dikarenakan dimensi suatu kendaraan berbeda-beda.

"Kemudian juga ada baterai swap yang on boad. Ada pula kapasitas yang 48 volt, 60, 70 dan lainnya. Arahannya pak Menko (Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan) juga kalau bisa diputuskan supaya lebih kerucut," ujar dia.

Hanya saja dalam kesempatan tersebut Hendro belum bisa memastikan standar apa saja yang bakal disamakan. Tetapi yang jelas, pemberlakuan standarisasi baterai bakal mengikuti populasi terbanyak.

Baca juga: Penyerapan Subsidi Motor Listrik Baru 4,2 Persen, Ini Kata Kemenperin

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di IMOS 2023KOMPAS.com/DAFFA Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di IMOS 2023

Sebelumnya, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya di IMOS+ mengajak produsen motor listrik untuk mulai menerapkan standarisasi baterai.

Menurut Agus, standardisasi yang dimaksud akan berfokus pada konstruksi baterai, dari segi perakitan komponen sampai jenis sel yang digunakan.

Dengan adanya keseragaman ini, industri otomotif tanah air, khususnya di ranah kendaraan roda dua listrik, diyakini bisa lebih berkembang, dan akan banyak menyerap tenaga lokal.

“Oleh karenanya, perihal standardisasi baterai ini, saya memberikan challange pula bagi para produsen kendaraan listrik roda dua,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com