Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perubahan Mendasar pada Honda CR-V Generasi Keenam Versi Hybrid

Kompas.com - 19/10/2023, 09:02 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Bali, KOMPAS.com - Sejatinya setiap perubahan model atau generasi itu merupakan hasil  penyempurnaan atau pengenalan teknologi baru baik di segmen pasar atau di pabrikan itu sendiri.

Begitu pula yang terjadi pada Honda CR-V generasi keenam yang kini memiliki varian hibrida yang diperkenalkan sebagai e:HEV. Sesuai hasil tes singkat yang dilakukan di Bali, 16-18 Oktober 2023 lalu, awak redaksi punya beberapa kesimpulan yang terdiri dari 6 poin.

1. Lebih irit dan ramah lingkungan
Penggunaan teknologi hybrid tentunya membuat CR-V terbaru menjadi lebih irit. Dari hasil uji coba saat media test drive paling irit mencapai 22,6 kpl. Sedangkat paling boros 14,7 kpl.

Panel meter interaktif sarat informasi yang diberikan pada Honda CR-V e:HEVKompas.com - Aris Harvenda Panel meter interaktif sarat informasi yang diberikan pada Honda CR-V e:HEV

Berbanding lurus dengan efisiensi BBM yang baik, maka emisi gas buang yang dikeluarkan pun makin ramah lingkungan. Apalagi saat berada di kemacetan dalam posisi berhenti dan stop and go.

2. Kesenyapan kabin
Berada di kabin CR-V e:HEV kali ini terasa lebih kedap dibanding model-model sebelumnya. Suara-suara kendaraan dari luar dan juga gesekan ban dengan aspal dapat direduksi dengan baik.

Klaim pihak Honda Prospect Motor (HPM) adalah adanya penyempurnaan pada peredaman bodi dan juga material yang digunakan. Sayang cuaca saat tes cerah, jadi awak redaksi tidak bisa membedakan desibel suara rintik hujan saat mengenai bodi pada model terbaru.

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

3. Tenaga bertambah
CR-V generasi kelima yang menggunakan mesin 1.5L Turbo hanya menghasilkan 182 tk. Sedangkan CR-V e:HEV bermesin 2.0L plus motor listrik mampu mengeluarkan daya hingga 199 tk.

4. Suara artifisial
Bisa jadi karena faktor nomor 2 dan 3, Honda memasangkan suara artifisial yang terdengar sangat memacu adrenalin saat mobil digeber. Suara seperti mobil sport tersebut muncul dari speaker yang terletak di belakang layar head unit.

5. Konektivitas dengan ponsel pintar
HPM memperkenalkan "mainan" baru pada CR-V e:HEV yaitu Honda Connect yang dihubungkan melalui smartphone. Pengguna menemukan fitur Vehicle Status untuk mengakses berbagai informasi secara aktual tentang kondisi kendaraan seperti tingkat bahan bakar, status baterai hingga status airbag.

Ada Remote Vehicle Control untuk aktivasi door lock, AC, hingga mengontrol mobil untuk memberikan respon berupa lampu yang berkedip pada saat pengguna mencari posisi mobil.

Honda Connect pada All New Honda CR-V HybridDok. HPM Honda Connect pada All New Honda CR-V Hybrid

Terdapat pula fitur Automatic Collision Detection yang bekerja untuk mengirim notifikasi secara otomatis ke layanan darurat Call Center Support saat kecelakaan yang menyebabkan airbag depan mengembang. Kemudian Call Center Support akan menghubungi pengguna dimana melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan bantuan secepat mungkin.

6. Kompromi apik antara kenyamanan dan stabilitas
Ayunan CR-v terabru kali ini terasa lebih empuk dibanding model sebelumnya. Kendati demikian stabilitas yang diberikan bahkan lebih baik. Hal tersebut dibuktikan saat melaju di jalan berkelok saat perjalanan dari Nusa Dua menuju Kintamani.

Pihak honda menjelaskan hal tersebut dikarenakan adanya penyempurnaan dari penggunaan material di kaki-kaki dan suspensi.

Honda CR-V e:HEV generasi keenamKompas.com - Aris Harvenda Honda CR-V e:HEV generasi keenam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com