Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Kabin Bus Jadi Tempat Tidur Mewah, Habiskan Dana Rp 1 Miliar

Kompas.com - 18/10/2023, 18:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi untuk kendaraan jenis bus hingga saat ini masih jadi tren di Indonesia. Bahkan, banyak yang rela merogoh kocek dalam untuk mewujudkan memilik bus impian. 

Misalnya seperti kabin bus buatan Baze yang tampil unik lantaran bisa disulap menjadi tempat tidur atau sofabed sekaligus jadi ruang karaoke. 

Katerin Budiardja, Direktur PT Bahana Selaras (Baze), mengatakan dana yang digelontorkan oleh pemilik bus mengubah bagian kabin dengan desain super mewah tersebut mengeluarkan dana yang tidak sedikit. 

"Hampir Rp 1 milar. Ini pakai sasis bus Mercedes Benz medium long.  Pengerjaan desain kabin bus ini lumayan lama. Untuk di dalamnya ini terbagi menjadi 3 ruangan yang berbeda dengan pintu sekat pemisah," kata Katerin kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023). 

Baca juga: Kendaraan Listrik Diklaim Sumbang Banyak Emisi, Toyota Beri Tanggapan Ini

Modifikasi kabin bus buatan BazeBaze Modifikasi kabin bus buatan Baze

Baca juga: IMI Lega Pemerintah Akhirnya Resmikan Aturan Mobil dan Motor Custom

Katerin memaparkan, masing-masing ruangan punya fungsi yang berbeda. Pada ruanga pertama adalah untuk kru bus.

Ruangan kedua adalah kursi model legrest dengan model elektrik. Sementara itu untuk ruangan ketiga adalah ruangan karaoke dengan sofa yang bisa dibuat menjadi kasur.  Lalu bus juga dilengkapi dengan toilet yang terletak diantara ruangan kedua dan ruangan ketiga. 

"Setiap ruangan punya soundsystem.  Kemuadian semuanya serba elektrik. Jendelanya eletrik gordengnya. Kursi dan pintu sekat juga elektrik semua. Untuk sofa lipat yang bisa jadi kasur juga elektrik  atau motorize. Kalau manual akan berat saat ditarik. Kalau alektrik tinggal pencet saja maka kursi berubah jadi kasur," kata Baze.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com