Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Kamera 360 di Mobil, Harga Mulai Rp 3,5 Juta

Kompas.com - 16/10/2023, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran terbaru saat ini sudah dibekali dengan beragam fitur canggih, salah satunya adalah kamera 360.

Fitur kamera 360 merupakan sistem yang dipasang di area sekitar mobil. Fungsinya untuk memberikan visibilitas mobil dalam tampilan 360 derajat. Sehingga pengemudi bisa melihat sisi samping, depan, belakang, hingga atas dari kendaraan melalui head unit yang ada di kabin.

Baca juga: Musim Kemarau Banyak Debu Bikin Oli Mesin Cepat Kotor

Umumnya, fitur ini disematkan pada mobil menengah ke atas. Namun, seiring berjalannya waktu, fitur kamera 360 ini juga sudah disematkan pada mobil kelas menengah seperti Toyota Veloz atau Daihatsu Xenia.

Adapun bagi mobil yang belum punya kamera 360, kini sudah ada produk aftermarket yang bisa dibeli.

Hendra Budiman, pemilik workshop Automania yang berlokasi di Ruko Mega Grosir Cempaka Mas, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan, kamera 360 sudah bisa dipasang pada mobil lawas sekalipun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AUTOMANIA Official Instagram (@klikautomania)

Kamera 360 sifatnya universal, artinya bisa dipasang di mobil apapun dengan catatan head unitnya sudah support. Tetapi untuk mobil lawas yang head unitnya masih jadul, tetap bisa dipasang kamera 360, namun harus melakukan penggantian head unit terlebih dahulu,” ucap Hendra, kepada Kompas.com, Minggu (15/10/2023).

Hendra melanjutkan, untuk proses pemasangan kamera 360 ini biasanya memerlukan waktu sekitar 4-5 jam. Pasalnya, mekanik memerlukan waktu memasang kabel untuk keamanan listrik serta menentukan posisi kamera yang tepat.

Baca juga: Benarkah Setiap Tune Up Wajib Ganti Oli Mesin?

“Proses pemasangannya install wiring atau pasang kabel ke head unit, sementara untuk pemasangan empat mata kameranya di depan sekitar bawah grille bagian tengah, kemudian dua mata sensor di kanan-kiri biasanya dipasang di bawah spion dan mata kamera belakang umumnya di atas plat nomor atau di bawah trunklid,” kata Hendra.

Soal biaya, untuk pemasangan kamera 360 di Automania membutuhkan kisaran biaya Rp 3,5 sampai 7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com