Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah dari Bagnaia, Vinales Salahkan Ban Motor yang Cepat Habis

Kompas.com - 15/10/2023, 16:30 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber GPone

 

LOMBOK, KOMPAS.com - Maverick Vinales raih podium dua di MotoGP Mandalika 2023. Setelah Jorge Martin jatuh dia menjadi pemimpin balap tapi kesempatan emas menang di GP Indonesia akhirnya kandas.

Vinales disalip oleh pebalap tim pabrikan Ducati Francesco Bagnaia yang akhirnya keluar sebagai juara. Vinales mengatakan, sembilan lap akhir bannya sudah habis sehingga dia tidak bisa mempertahankan kecepatan.

Baca juga: Bus Baru PO Dali Prima Naik Level, Kelas Ekonomi Namun Mewah

"Saya sangat bangga pada tim saya, tapi kami membutuhkan pengembangan performa," kata pebalap tim pabrikan Aprilia tersebut usai balapan dilansir dari GPOne, Minggu (15/10/2023).

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023Dok. @maverick12official Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023

"Saat enam lap terakhir, ban saya sudah hancur, tapi masalahnya bukan di ban, motor saya yang membuatnya begitu. Kami harus tahu penyebabnya, juga pada balapan berikutnya," kata Vinales.

Padahal kata Vinales di awal start dia tampil biasa saja tidak terlalu menekan. Tapi usaha mempertahankan ban tetap sia-sia sampai akhirnya yang bisa dia lakukan ialah mempertahankan posisi agar tak disalip Fabio Quartararo.

"Saya bahkan tampil cukup konservatif di awal balapan, tapi tetap (ban) saya tidak punya grip," katanya.

Momen para pebalap MotoGP Mandalika mencoba kegiatan olahraga Presean, di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah Kamis (12/10/2023)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Momen para pebalap MotoGP Mandalika mencoba kegiatan olahraga Presean, di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah Kamis (12/10/2023)

Pebalap asal Spanyol itu mengakui bahwa dia kesal dan juga penasaran apa yang terjadi pada manajemen ban sebab dia sudah memimpin balapan.

Baca juga: Live MotoGP Mandalika 2023; Marc Marquez Kecelakaan Lagi dan Gagal Finis

"Saya sedang memimpin dan bertarung. Faktanya masalah ini cukup mengejutkan saya, sebab sebelumnya ini tidak pernah terjadi, dan di atas semua itu saya tidak pernah merasakan hal serupa di (ban) bagian belakang," ungkapnya.

"Teantu saja ada hal tidak terduga yang bisa terjadi saat balapan, tapi kami mesti tahu, dan juga saya tidak tampil menekan. Saya masih terkontrol dan kejadian ini instan, terutama saat pengereman, dan menghabiskan ban," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com