Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satlantas Polrestabes Surabaya Uji Coba Inovasi Baru ETLE

Kompas.com - 15/10/2023, 17:31 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Satlantas Polrestabes Surabaya melakukan uji coba bodi kamera sebagai inovasi dari Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), yang dapat dikendalikan secara online maupun offline.

Inovasi baru ini merupakan metode baru dalam penindakan para pengendara yang melanggar lalu lintas, agar lebih disiplin berkendara. Serta upaya untuk mengurai kemacetan di Kota Surabaya.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman mengatakan, terdapat puluhan unit bodi kamera online maupun offline yang sedang diuji coba.

Baca juga: Produk Pendukung Otomotif Turut Ramaikan MotoGP Mandalika 2023

Salah satu kamera CCTV ETLE yang siap menangkap gambar pengendara yang melanggar untuk diberikan sanksi berupa denda tilang elektronikAprillio Akbar Salah satu kamera CCTV ETLE yang siap menangkap gambar pengendara yang melanggar untuk diberikan sanksi berupa denda tilang elektronik

“Untuk yang offline ketika anggota dalam situasi tertentu dapat mendokumentasikan foto ataupun merekam video situasi-situasi menonjol atau ketika harus mengambil tindakan-tindakan kepolisian,” ungkap Arif dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10/2023).

Selain itu, Arif juga menjelaskan saat ini bodi kamera tersebut tengah dilakukan uji coba secara terus menerus agar lebih presisi. Sehingga, alat ini akan terus bisa digunakan untuk fungsi lainnya.

“Ketika sudah di uji cobakan lalu lintas. Nanti juga bodi kamera bisa digunakan untuk fungsi Samapta dalam melakukan kegiatan yang dilakukan tim Respati,” tambah Arif.

Baca juga: Siapa yang Tanggung Jawab kalau Kendaraan Pinjam Kena ETLE?

Sebagai informasi, penilangan secara elektronik di Jawa Timur (Jatim) telah dilakukan sejak Januari 2022. Hal ini sesuai dengan Surat Telegram dari Kapolda Jatim Nomor:ST/2189/IX/HUK.12.12/2021 tanggal 21 September 2021, yang menyebutkan bahwa tidak ada lagi penindakan lalu lintas secara manual.

Bahkan pada tahun 2021 di Kota Surabaya sudah terdapat 39 titik kamera ETLE. Sehingga dengan adanya inovasi ini, diharapkan tidak hanya meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam penegakan hukum dan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com