Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Pamerkan Motor dengan AI di Japan Mobility Show 2023

Kompas.com - 12/10/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pameran Japan Mobility Show 2023, Yamaha membawa motor konsep lanjutan dengan nama MOTOROiD2.

Dikutip dari Visordown, Kamis (12/10/2023) Yamaha memamerkan konsep yang berbeda, bukan motor biasa, tapi jadi motor yang dihubungkan dengan Artificial Intelligent (AI). Bentuknya pun nyeleneh, tidak seperti motor pada umumnya.

Yamaha memang jadi pabrikan yang menyusun ide motor-motor yang bisa jalan sendiri (self-driven vehicles). Misal seperti Yamaha R1 yang dikendarai robot, sampai beberapa kendaraan industri yang dikembangankan bersama Panasonic.

Baca juga: Yamaha R25 Disulap Jadi Motor ala Cafe Racer

Yamaha MOTOROiD2VISORDOWN.com Yamaha MOTOROiD2

Lalu untuk MOTOROiD2, menjadi konsep yang sangat canggih. Filosofinya bukan soal motor yang bergerak secara otomatis, tapi lebih ke integrasi antara manusia dengan AI. Lebih tepatnya jadi pengalaman punya motor yang sama dengan binatang peliharaan.

"MOTOROiD2 jadi motor atau personal mobility yang bisa mengenal pemiliknya. Mulai dari jalan sendiri dan bergerak bersama si pengendara," klaim dari Yamaha, dikutip Kompas.com, Kamis (12/10/2023).

Pengenalan ke pemiliknya bukan cuma dari foto saja, tapi dari kebiasaan orang tersebut. Jadi konsep ini menawarkan riding experience yang berbeda, sangat unik malahan.

Baca juga: Komentar Pebalap MotoGP Soal Cuaca Panas di Indonesia


Jadi MOTOROiD2 ini bukan sekadar motor saat dinaiki, tapi seperti ada partner yang bisa diajak hidup selamanya, kata Yamaha. Konsep ini memang sebenarnya agak unik, berbeda dari kebanyakan.

MOTOROiD2 pakai Active Mass Center Control System (AMCES) agar bisa berdiri sendiri. Lalu, sistem ini yang bisa memberikan masukan ke sasis agar bisa bergerak, mengikuti gestur pemiliknya.

Akhirnya ini jadi konsep yang melihat sangat jauh ke depan. Mungkin visi Yamaha, ke depan motor bukan cuma sebagai kendaraan, tapi juga moda berkendara individu dan sudah terotomasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com