Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengemudi Jarak Jauh bagi Wanita

Kompas.com - 12/10/2023, 15:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak wanita yang melakukan perjalanan jauh sendiri, seperti mengemudi mobil pribadi tanpa pengganti.

Tuntutan ragam kegiatan kerap kali membuat wanita terpaksa berkendara sendiri, tidak peduli siang atau malam hari.

Meski begitu, keselamatan harus selalu diperhatikan, kesadaran akan keamanan berkendara tetap menjadi prioritas utama bagi wanita yang akan mengemudi jarak jauh.

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan para wanita yang akan mengemudi jarak jauh.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi

Ilustrasi pengemudi wanitaunsplash.com/Jenny Ueberberg Ilustrasi pengemudi wanita

1. Fisik

Pastikan fisik pengemudi dan dan kondisi mobil dalam keadaan yang prima, sebab keselamatan selama perjalanan merupakan hal krusial dan tidak dapat dikompromikan.

Roslianna mengatakan, untuk kondisi kendaraan, bisa melakukan pemeriksaan kendaraan secara visual seperti memeriksa kondisi ban, kualitas dan kuantitas air accu, wiper, radiator, oli dan cairan rem. Selain itu pastikan AC bekerja dengan baik, serta mobil sudah melakukan servis rutin sebelum digunakan perjalanan jarak jauh.

“Untuk pengemudi, pastikan memiliki tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, serta kondisi fisik dan mental prima, agar kita tetap waspada di jalan,” ungkap Rolianna saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Berbahaya Dikonsumsi Saat Mengemudi, Ketahui Jenis Obat yang Menyebabkan Kantuk

2. Rencana perjalanan

Perhatikan waktu dan tempat istirahat, dan pastikan lokasi yang dipilih aman dan nyaman, serta menyediakan semua fasilitas salah satunya SPBU.

“Dengan menentukan lokasi peristirahatan setiap dua jam sekali, berguna untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kabin kendaraan agar tidak dipenuhi CO2, dan memastikan kondisi kebugaran pengemudi,” ungkap Roslianna.

Selain itu cek lokasi SPBU untuk melakukan pengisian BBM, dan siapkan GPS untuk membantu perjalanan agar tidak tersesat.

Baca juga: Berapa Batas Usia Lansia Boleh Mengemudi Mobil?

3. Kabari orang terdekat

“Pastikan kita menginformasikan rencana perjalanan kita kepada keluarga atau orang terdekat,” jelas Roslianna.

Memberikan kabar ke orang terdekat tidak hanya memberikan rasa aman, namun juga sebagai langkah antisipasi jika terjadi keadaan darurat, mereka bisa memberikan tanggapan yang lebih cepat.

Baca juga: Syarat dan Prosedur Balik Nama Kendaraan Warisan

4. Perhatikan lalu lintas

“Pastikan tetap waspada di jalan, seperti memperhatikan rambu lalu lintas, aturan lalu lintas, dan kondisi jalan dan pengemudi,” ungkap Roslianna.

Roslianna juga mengingatkan untuk menjaga batas kecepatan kendaraan, dan jaga jarak aman dengan pengendara lain. Sehingga akan terhindar dari risiko laka lalu lintas, pastikan tidak memaksakan diri apabila sudah lelah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com