Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsekuensi Mika Lampu Retak Rambut dan Dikerok

Kompas.com - 12/10/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu permasalahan pada mika lampu mobil yaitu mika menguning dan ada retakan-retakan halus atau biasa disebut "retak rambut."

Rizal Sidiq alias Diqdiq dari MG Garage, toko penjual lampu-lampu mobil copotan di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, jika ada retak rambut maka permukaannya tak cukup diamplas tapi harus dikerok.

Baca juga: Idemitsu Akan Rutin Temukan Pebalap MotoGP dengan Fan di Indonesia

"Itu mesti dikerok, keroknya pakai kaca. Kaca yang dipotong-potong," kata Diqdiq kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Rizal Sidiq alias Diqdiq dari MG Garage, toko penjual lampu-lampu mobil copotan di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, jika ada retak rambut maka permukaannya tak cukup diamplas tapi harus dikerok.KOMPAS.com/Gilang Rizal Sidiq alias Diqdiq dari MG Garage, toko penjual lampu-lampu mobil copotan di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, jika ada retak rambut maka permukaannya tak cukup diamplas tapi harus dikerok.

Namun karena dikerok maka mika lampu akan makin tipis. Untuk itu kata Diqdiq dia kembalikan lagi pada konsumen.

"Makin tipis pasti, tapi ketebalan mika itu setidaknya 5 mm dan kalau dikerok paling keangkat tidak sampai 1 mm," katanya.

Diqdiq mengatakan, retak rambut paling banyak terjadi di mika lampu depan dan bukan belakang.

Baca juga: Honda Rilis Teknologi E-Clutch, Naik Motor Kopling Jadi Lebih Mudah

Retak rambut terjadi bukan karena kendaraan mengalami benturan, melainkan cuaca yang ekstrem. Biasanya dialami pada mobil-mobil yang sering parkir di di luar atau atau terkena sinar matahari langsung.

Mika lampu mobil yang menguning membuat tampilan kurang sedap dipandang. KOMPAS.com/Gilang Mika lampu mobil yang menguning membuat tampilan kurang sedap dipandang.

Jika tidak segera diperbaiki, maka retakan tersebut dapat membuat mika lampu pecah.

"Paling banyak retak rambut di lampu depan," katanya.

Diqdiq mengatakan, untuk menghilangkan retak rambut maka setelah dikerok mika harus diamplas dan kemudian dipoles lagi. Paling bagus ialah pakai nano coating sebagai pelapis baru untuk mencegah kembali menguning.

"Dikerok lebih dulu, setelah itu diamplas, setelah itu kalau mau lebih bagus pakai nano coating dia ada lapisannya lagi," ujar Diqdiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com