Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mario Aji Kasih Sinyal Naik ke Moto2 Musim Depan

Kompas.com - 12/10/2023, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki wakil di ajang balap tingkat dunia MotoGP, tepatnya di kelas Moto3, yakni Mario Suryo Aji. Tahun ini menjadi tahun kedua Mario berada di kelas tersebut.

Pebalap jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) ini masuk ke Moto3 bersama Honda Team Asia sejak musim 2022. Debutnya pada Moto3 dimulai pada 2021 dengan menjadi pebalap wildcard pada seri Misano dan Algarve.

Baca juga: Hasil Moto3 Mandalika 2022, Finis Ke-14 Mario Berhasil Raih Poin

Mario memulai karir balap internasionalnya pada ajang Thailand Talent Cup di 2017. Kemudian, di musim berikutnya, Mario mulai balapan di Asia Talent Cup dan Asia Road Racing Championship di kelas AP250.

Pebalap Honda Team Asia Mario Suryo Aji memacu kecepatan sepeda motornya saat latihan bebas 3 (FP3) Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap Honda Team Asia Mario Suryo Aji memacu kecepatan sepeda motornya saat latihan bebas 3 (FP3) Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Tahun ketiga, pada umumnya, para pebalap mulai naik ke jenjang berikutnya, yakni Moto2. Mario mengatakan, dirinya juga ingin bisa naik ke kelas berikutnya.

"Tentunya, saya ingin berkembang di kelas papan tengah. Tapi, untuk saat ini saya belum bisa menyampaikan keputusan masa depan saya. Semoga di waktu yang dekat ini ada kabar baik untuk musim depan," ujar Mario, kepada wartawan, saat jumpa penggemar di Idemitsu Moto Lounge, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Pebalap Indonesia Mario Aji Start di Baris Depan Moto3 GP Mandalika

Prestasi terbaik Mario di Moto3 adalah finis di posisi ke-12. Tahun lalu, dia lolos kualifikasi di posisi ketiga pada Moto3 Mandalika 2022.

Fadillah Arbi Aditama akan bersaing di FIM Moto3 Junior World Championship musim 2022.Foto: AHM Fadillah Arbi Aditama akan bersaing di FIM Moto3 Junior World Championship musim 2022.

Tahun ini, ada pebalap Indonesia lainnya yang akan balap di Moto3, yakni Fadillah Arbi, yang menjadi wildcard untuk Honda Team Asia. Arbi diyakini akan menggantikan Mario untuk musim depan, sementara Mario naik ke Moto2.

Sebab, musim depan satu kursi di Honda Team Asia kelas Moto2 masih belum terisi. Satu pebalapnya, yakni Ai Ogura, pindah ke MT Helmets-MSI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com