Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Lengkap Yaris Cross, Bahas Desain hingga Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 11/10/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Yaris Cross resmi dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Mei 2023. Kehadiran Sport Utility Vehicle (SUV) segmen B dari Toyota ini langsung mendapat sambutan positif dari konsumen di Indonesia.

Pasalnya, Yaris Cross tak hanya dibekali dengan desain eksterior yang lebih modern, tetapi juga teknologi dan fitur keselamatan terbaru untuk menunjang pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Baca juga: Hitung Biaya Pelihara Toyota Yaris Cross sampai 100.000 Km

Bagi Anda yang sedang mencari mobil SUV perkotaan, bisa mempertimbangkan Toyota Yaris Cross yang dibanderol Rp 351 juta sampai Rp 420 juta untuk yang versi tertinggi atau hybrid.

Toyota Yaris CrossKompas.com Toyota Yaris Cross

Pertama dari sisi dimensi, di atas kertas, Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, serta jarak sumbu roda 2.620 mm.

Dimensi tersebut lebih kecil dari rivalnya Honda HR-V, namun untuk tinggi dan jarak sumbu roda masih lebih panjang Toyota Yaris Cross.

Melihat tampilan eksterior, kesan sporty sudah terlihat dari bagian fascia dengan mengusung gril trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah. Sekilas desainnya mirip dengan RAV-4 pada bagian depan.

Baca juga: Hasil Tes Akselerasi All New Toyota Yaris Cross

Untuk desain lampu utama yang dibuat mengikuti lekukan kap mesin dan body samping, serta fog lamp yang bersarang di bawahnya.

Interior Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Interior Toyota Yaris Cross

Lampu utama sudah menggunakan LED Headlamp with DRL dilengkapi dengan follow me home, pada tipe S seperti yang tim redaksi Kompas.com coba.

Berlanjut ke bagian samping, kesan tangguh mobil SUV ditonjolkan melalui sepatbor lebar yang dipadukan dengan kaki-kaki yang kokoh, menggunakan pelek desain kipas berukuran 18 inci.

Mesin Toyota Yaris CrossKompas.com Mesin Toyota Yaris Cross

Yaris Cross hadir dengan desain atap yang landai ke bagian belakang layaknya mobil coupe. Hal ini membuat bagian belakang terkesan padat, ditambah dengan bumper GR Part Aero Package yang membuat desainnya tidak kalah sporty.

Untuk sektor penerangan di bagian belakang dilengkapi dengan stoplamp LED Rear Combination Lamp dengan bentuk meruncing sehingga terlihat begitu agresif.

Eskterior Toyota Yaris CrossKompas.com Eskterior Toyota Yaris Cross

Dari sisi interior Yaris Cross di dominasi dengan warna hitam, yang dibekali aksen biru pada beberapa bagian, seperti jok dan dasbor. Secara keseluruhan tata letaknya nyaris serupa dengan versi hybrid, hanya saja perbedaan terletak pada head unitnya.

Jok Yaris Cross memiliki desain jok semi bucket dengan material kulit dan aksen jahitan biru, dilengkapi dengan emblem GR Sport pada bagian headrest.

Sensasi berkendara Toyota Yaris CrossKompas.com Sensasi berkendara Toyota Yaris Cross

Seperti diketahui Yaris Cross memang masuk ke dalam jajaran model GR dari Toyota, tak heran mobil ini memiliki aksen GR pada bagian interior, seperti pada headrest, setir dan juga karpet.

Sejumlah bagian di dasbor dan instrumen bagian tengah juga sudah banyak menggunakan material soft touch, meski beberapa bagian juga masih terdapat material plastik.

Interior Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Interior Toyota Yaris Cross

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com