Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Fitur Unggulan Hyundai Ioniq 6 Saat Perjalanan Jauh

Kompas.com - 09/10/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com berkesempatan untuk menjajal Hyundai Ioniq 6 dalam perjalanan jauh, dari Jakarta menuju Bali. Sehingga, beragam fitur unggulan mobil listrik ini bisa dirasakan.

Untuk diketahui, sedan listrik ini dibekali dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 519 km.

Baca juga: Ulas Fungsi Active Air Flap System Pada Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6

Tenaga yang dihasilkan mencapai 239 kW dan torsinya sebesar 605 Nm. Kemampuan akselerasi untuk 0-100 kilometer per jam, dapat diraih dalam 5,1 detik. Sedangkan kecepatan maksimal diklaim mencapai 185 kilometer per jam.

Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6edij@nw@ri Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Untuk perjalanan jarak jauh, tersedia beberapa fitur unggulan untuk menunjang kenyamanan. Pertama, tentu saja adaptive cruise control.

Fitur ini sangat menunjang kenyamanan saat berkendara jarak jauh, terutama saat melintasi jalan tol yang panjang dan butuh kecepatan konstan. Pengemudi bisa menyerahkan tugas berakselerasi kepada mobil. Tapi, tidak meninggalkan fokus pada jalanan dan kaki tetap siaga di pedal rem.

Adaptive Cruise Control pada mobil listrik Hyundai Ioniq 6Kompas.com/Donny Adaptive Cruise Control pada mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Menempuh Jakarta-Semarang, Biaya Cuma Rp 114.000

Saat hendak menyalip, tidak ada keraguan dengan Ioniq 6. Tinggal memindahkan mode berkendara ke Sport, kemudian injak pedal gas. Torsi yang besar keluar dengan instan. Sehingga, tidak butuh waktu lama saat menyalip.

Sport Mode pada mobil listrik Hyundai Ioniq 6Kompas.com/Donny Sport Mode pada mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Fitur berikutnya yang menunjang kenyamanan saat perjalanan jauh adalah i-Pedal. Dengan fitur ini, mengemudikan Ioniq 6 hanya membutuhkan satu pedal.

Selain lebih praktis, saat pedal diangkat, mobil tidak hanya melakukan deselerasi. Tapi, pengisian baterai dari pengereman regeneratif juga lebih besar.

Setelah melakukan perjalanan jauh, saat mengisi baterai, pengemudi bisa beristirahat dengan nyaman di dalam mobil. Sebab, pengemudi dimanjakan dengan Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan.

Baca juga: Mazda RX-8 dan Ferrari Kecelakaan, Bawa Mobil Sport Butuh Keahlian

Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6edij@nw@ri Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Jok pengemudi dan jok penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi. Jadi, penggunanya bisa menjaga postur tubuh dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.

Hyundai Ioniq 6 tersedia dengan warna Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, dan Biophilic Blue Pearl. Mobil listrik ini dibanderol Rp 1,197 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com