BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

GR Garage, One-Stop Community Hub untuk Penuhi Kebutuhan Penggemar Gazoo Racing

Kompas.com - 09/10/2023, 10:47 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan Authorized GR Garage pertama di Indonesia di Ruko Soho Ebony Paradise Blok B Nomor 10-11 Ebony 2, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta, Jumat (15/9/2023).

GR Garage hadir sebagai pinnacle hub bagi para penggemar brand Gazoo Racing (GR) di Indonesia. Fasilitas ini menghadirkan layanan lengkap untuk memperluas touchpoint brand agar lebih mudah diakses oleh lebih banyak motorsports dan GR enthusiast.

Vice President PT TAM Henry Tanoto mengatakan, meski baru berjalan dua tahun, kehadiran brand GR dapat diterima dengan baik oleh masyarakat serta mampu menghadirkan semangat dan kebahagiaan kepada pelanggan Toyota di Indonesia.

Sejalan dengan perkembangan pesat brand GR, kata Henry, pihaknya tidak hanya melengkapi pilihan sports car dan sporty car, mulai dari entry level, premium vehicle, hingga kendaraan elektrifikasi, melalui brand GR. Lebih lanjut, Toyota juga memperluas touchpoint brand GR agar lebih mudah diakses dan meningkatkan engagement dengan lebih banyak masyarakat.

Baca juga: Alasan Toyota GR Garage Hadir di PIK

“Sebagai yang pertama di Indonesia, GR Garage hadir sebagai The Pinnacle of GR Hub untuk GR enthusiast yang ingin memberikan perawatan lebih kepada mobil kesayangannya,” ujar Henry dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (2/10/2023).

GR Garage sebagai one-stop community hub

Berada di kawasan dengan car culture kuat, GR Garage terdiri dari tiga lantai yang menyediakan berbagai fasilitas dan layanan guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pada lantai pertama, terdapat fasilitas workshop canggih dan modern yang dilengkapi dyno test dan service stall. Ada pula reception area, attraction car display, baik GR Race Car maupun modifikasi, serta display suku cadang GR dan aksesori lain.

GR Garage pun berupaya menyajikan lifestyle experience bernuansa balap yang kental. Untuk itu pada lantai dua, terdapat lounge dan kafe yang dapat digunakan sebagai meet-up point para motorsport enthusiast. Area ini juga dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan, seperti nonton bareng (nobar) perlombaan balap.

Baca juga: Bedanya GR Garage dengan Bengkel Resmi Toyota Lainnya

Kemudian, terdapat meeting and consultation room bagi pelanggan yang ingin mendiskusikan modifikasi kendaraan atau meeting bersama kolega. Tak ketinggalan, ada juga racing simulator dan kids corner yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu santai bersama keluarga.

Area lounge dan kafe yang terletak di lantai GR Garage. Area ini dapat digunakan sebagai meet-up point para motorsport enthusiast serta brbagai kegiatan lain.dok. PT TAM Area lounge dan kafe yang terletak di lantai GR Garage. Area ini dapat digunakan sebagai meet-up point para motorsport enthusiast serta brbagai kegiatan lain.

Naik ke lantai tiga, terdapat co-working space dan multifunction area yang nyaman untuk acara gathering.

Tak sekadar community hub, GR Garage juga memiliki fungsi penting dengan aroma balap yang kuat sebagai layanan utama.

Selain servis berkala dan perbaikan umum, tim workshop GR Garage juga memberikan pelayanan lain, seperti konsultasi upgrade tampilan dan performa mobil yang mengedepankan sentuhan khas DNA motorsport Toyota GR (TGR) pada setiap mobil pelanggan.

Layanan lain yang juga diberikan GR Garage, yaitu pemasangan GR Parts untuk meningkatkan daya tarik eksterior dan interior kendaraan. Tersedia pula modifikasi kendaraan tingkat lanjut guna meningkatkan aerodinamika, serta braking dan handling performance melalui GR Performance Parts yang lebih mumpuni. Ada juga layanan tuning untuk memberikan pengalaman berkendara yang semakin fun to drive.

Baca juga: Tak Harus Punya Toyota GR, Pemilik Calya Juga Boleh ke GR Garage

“Mengusung konsep one-stop community hub, GR Garage hadir untuk memenuhi kebutuhan para motorsport enthusiast yang belum bisa ditangani oleh bengkel Toyota umum. Di GR Garage, pelanggan dapat berkonsultasi dengan teknisi bengkel terkait modifikasi kendaraan. Selanjutnya, diracik dengan level modikasi yang paling sesuai kebutuhan,” kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy.

Sementara itu, imbuhnya, lifestyle pelanggan dipenuhi oleh keberadaan community hub yang memberikan ruang kepada pengunjung untuk menikmati me time atau bersosialisasi.

“Ke depan, GR Performance Parts juga akan menyentuh sektor mesin untuk memenuhi hasrat para sports car enthusiast untuk meningkatkan performa produk GR Family miliknya,” ujarnya.

GR Garage memberikan berbagai layanan, mulai dari servis berkala, perbaikan umum, hingga modifikasi kendaraan tingkat lanjut. dok. PT TAM GR Garage memberikan berbagai layanan, mulai dari servis berkala, perbaikan umum, hingga modifikasi kendaraan tingkat lanjut.

Untuk diketahui, ke depan, GR Garage dapat melakukan engine parts upgrade and tuning serta kostumisasi kendaraan ke arah yang lebih personal sesuai preferensi pelanggan dengan tetap berpatokan pada DNA motorsport TGR.

Pelanggan tidak perlu khawatir terkait kualitas pekerjaan. Pasalnya, kompetensi teknisi GR Garage sudah sesuai standar TGR serta dipersenjatai tools kit modern dan canggih dengan standar yang sama, termasuk penggunaan parts yang telah lulus uji kinerja oleh tim TGR Indonesia (TGRI).

Perjalanan TGR di dunia otomotif Indonesia

Meski tergolong baru, brand GR sudah menorehkan banyak catatan di dunia otomotif. Diperkenalkan di Indonesia pada 2021, brand GR melalui TGRI mulai aktif berlaga pada berbagai kejuaraan nasional (kejurnas) balap mobil. TGRI turut serta pada beberapa kategori kejurnas balap, seperti touring car, slalom, sprint rally, dan rally.

Mengusung semangat "Pushing the Limit for the Better", partisipasi TGRI tersebut langsung berbuah manis dengan meraih berbagai podium juara nasional. Kehadiran TGRI juga diakui di ajang eMotorsport lewat partisipasi pada ajang TGR GT Cup hingga level global setiap tahun.

“Dimulai dari sports car GR Supra yang memperoleh sambutan luas biasa pada 2019, aktivitas TGRI semakin meningkatkan awareness pencinta motorsport dengan raihan berbagai gelar juara nasional dan regional pada berbagai ajang balap,” ucap President Director PT TAM Hiroyuki Ueda.

Adapun mobil pertama TGR yang memikat pencinta kecepatan di Indonesia adalah GR Supra yang dirilis pada 2019. Kemudian, ada GR Yaris yang mengaspal pada 2020. Mobil ini dikembangkan langsung oleh TGR berdasarkan pengalaman di ajang reli dunia.

Baca juga: Prestasi Toyota Gazoo Racing Indonesia di Ajang Balap GTA Asia 2023

Sementara itu, produk GR Sport pertama yang diluncurkan di Indonesia adalah Toyota Raize GR Sport pada akhir April 2021. Lalu, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Toyota meluncurkan Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan VEloz GR Limited. Dilanjutkan dengan perilisan Corolla Cross GR Sport dan model Pure GR lain, yakni GR86 dan GR Corolla.

Selain itu, sebagai upaya mengurangi emisi karbon dan memberikan excitement kepada pelanggan, TGR juga menghadirkan deretan mobil GR Sport yang telah dilengkapi teknologi elektrifikasi, seperti Yaris Cross GR Aero HEV, Corolla Cross GR Sport HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV.

“Kini, telah ada 14 line-up GR Family yang dapat dipilih pelanggan dan 19 GR Zones yang didedikasikan bagi GR enthusiast yang ingin mengeksplorasi world of GR di Indonesia. Kehadiran GR Garage sebagai one-stop community hub pun (semakin) memperluas kehadiran brand GR serta menjangkau lebih banyak penggemar motorsports dan petrolhead,” kata Ueda.

Peningkatan minat dan antusiasme masyarakat terhadap model GR pun berpengaruh pada komposisi penjualan. Berdasarkan data internal TGRI, rerata komposisi penjualan setiap model GR mencapai 77 persen ketimbang tipe non-GR.

Baca juga: Toyota Masih Terus Bakal Rilis Mobil Berlabel Gazoo Racing

Kehadiran 19 GR Zones pada beberapa outlet Toyota terpilih, kata Ueda, turut mendekatkan brand GR beserta produk turunannya kepada masyarakat, seperti GR Car, GR Merchandise, dan GR Parts.

Selain itu, GR Tour yang diadakan di berbagai ruang publik juga memudahkan masyarakat untuk mengakses pengalaman Gazoo Racing.

Tak ketinggalan, kehadiran GR Garage sebagai pinnacle hub bagi GR enthusiast yang ingin meningkatkan style dan performa mobilnya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com