Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kendaraan yang Pasti Lolos Tilang Uji Emisi

Kompas.com - 08/10/2023, 10:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul kembalinya tilang uji emisi Jakarta tanggal 1 November 2023, ada beberapa kendaraan yang dianggap ‘aman’, alias tidak akan terjaring.

Kendaraan dimaksud salah satunya adalah yang sudah memiliki sertifikat hijau digital, alias tanda lolos uji emisi dan memiliki kondisi pembakaran baik.

Sertifikat ini juga berlaku cukup lama, yakni satu tahun penuh. Jadi bagi siapa saja yang sudah memiliki sertifikat ini, tidak perlu khawatir akan terkena tilang.

A. Hariadi, Kasudin Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta Barat menjelaskan, informasi ini penting diketahui oleh semua pemilik kendaraan, untuk mencegah terjadinya miskonsepsi.

Baca juga: Hitung Konsumsi Daya Segway E110L, 60 Km cuma Rp 1.000-an

Tampilan aplikasi e-Uji Emisi Roda Empat. (Dokumentasi Pribadi)Xena Olivia Tampilan aplikasi e-Uji Emisi Roda Empat. (Dokumentasi Pribadi)

“Kalau sudah dipastikan lolos uji emisi, berarti kendaraannya aman, bebas dari tilang,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (7/10/2023).

Dia mengatakan, semua kendaraan yang lolos uji emisi juga sudah terekap ke dalam database DLH dan Dinas Perhubungan (Dishub), dan bisa diakses kapanpun melalui laman atau aplikasi ujiemisi.jakarta.go.id .

Pembebasan ini juga berlaku bagi semua kendaraan yang pernah terjaring tilang uji emisi, namun dipastikan lolos saat proses pengujian.

“Di aplikasi (e-uji emisi) kan bisa dicek, tinggal masukin pelat nomor saja. Nanti ketahuan sudah lolos atau belum,” ucap Hariadi.

Baca juga: Simak Kriteria Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi

Wawan, pengendara ojek online yang terkena tilang uji emisi di lokasi razia Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023). Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Wawan, pengendara ojek online yang terkena tilang uji emisi di lokasi razia Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Bagi pengendara yang belum memiliki sertifikat hijau, Hariadi menganjurkan agar segera melakukan uji emisi mandiri. Hal ini bisa dilakukan di bengkel uji emisi resmi yang sudah menerima sertifikasi DLH.

Menurut Hariadi, bengkel-bengkel tersebut sudah dilengkapi peralatan dan mekanik memadai, dan memiliki izin untuk menerbitkan status lolos uji emisi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com