Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Bus Laju Utama dan Laju Prima

Kompas.com - 06/10/2023, 17:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai perusahaan otobus (PO) kini kian bersaing ketat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Namun, terkadang ada desain bus yang secara visual punya kesamaan satu sama lain. Bahkan, nama dari beberapa PO tersebut juga hampir serupa. 

Misalnya seperti PO Laju Utama dan juga PO Laju Prima yang mana punya tampilan yang sama dari sisi ekterior.  Mulai dari livery, kelir bus hingga font nama bus yang menggiasi bodi bus tampil serupa.  

 

Yogi, salah satu pengemudi dari PO Laju Utama mengatakan, kedua PO tersebut berada di bawah naungan perusahaan yang sama, yakni Hiba Group.

Baca juga: Daftar Harga Honda Jazz Bekas per Oktober 2023, mulai Rp 79 Jutaan

"Laju Utama dan juga Laju Prima sama-sama punya bus AKAP. Namun yang membedakan kedua bus ini adalah trayeknya pelayanannya. Untuk Laju Utama melayani Sukabumi - Bekasi dan kota-kota setelit di jalur tersebut," kata Yogi kepada Kompas.com, Kamis (5/10/2023). 

Sementara itu, bus AKAP Laju Prima bus AKAP punya trayek pelayanan bus yang lebih luas menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Bus PO Laju PrimaInstagram @official_lajuprima184 Bus PO Laju Prima

Baca juga: Jangan Pakai Ban Mobil Beda Ukuran, Ini Risikonya

Lantaran berasal dari naungan perusahaan yang sama, kedua bus tersebut identik dengan kelir putih aksen garis livery biru, oranye, kuning dan hijau.

Namun, untuk jumlah unit yang tersedia saat ini lebih banyak bus Laju Prima daro Laju Utama lantaran harus melayani banyak trayek. 

"Tidak hanya bus AKAP, saat ini bus Laju Utama juga merambah bisnis bus Pariwisata. Sebenarnya ada satu lagi layanan bus AKAP yang seperti ini milik Hiba Group juga namanya Bela Utama. Bus Bela Utama fokus melayani trayek ke Bandung, tapi kini sudah tidak eksis lagi," kata Yogi.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com