Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Setel Klep Honda Jazz Lawas

Kompas.com - 06/10/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setel klep atau katup pada mesin mobil sudah kurang populer di kalangan masyarakat. Namun, hal itu tidak berlaku untuk mobil Honda khususnya Jazz generasi pertama.

Mobil in tetap memerlukan setel klep agar performa mesin tetap baik dan tidak timbul suara kasar saat mesin bekerja.

Setel klep termasuk jenis perawatan di luar tune up, tapi untuk soal biaya hampir sama karena tidak membutuhkan pembongkaran banyak komponen.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 100 Jutaan, dari Jazz sampai BMW dan Mercy

Honda Jazz generasi pertama CBU dari JepangTangkapan layar Honda Jazz generasi pertama CBU dari Jepang

Iwan Pratikno, Pemilik Bengkel Pradana Yogyakarta mengatakan penyetelan klep merupakan pekerjaan tambahan di luar servis rutin atau tune up.

“Kami menawarkan pelayanan setel klep Jazz lawas dengan biaya Rp 300.000 termasuk dek klep (gasket tutup kepala silindernya),” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (6/10/2023).

Pemilik bengkel di Jalan Magelang ini mengatakan klep pada mesin tertanam di dalam kepala silinder, sedangkan bagian yang disetel adalah mekanisme pendorongnya sehingga perawatannya mudah.

Mekanisme tersebut menyalurkan gaya dorong yang dihasilkan oleh knock poros cam sebagai pengatur waktu pembukaan klep. Sehingga, tetap wajib disetel secara berkala karena lama-lama celahnya bisa berubah.

Baca juga: Hatchback Bekas per Oktober 2023, Baleno mulai Rp 39 Jutaan

Honda Jazz lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah 20 tahunan sejak pertama kali meluncur pada 2002.Tangkapan layar Honda Jazz lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah 20 tahunan sejak pertama kali meluncur pada 2002.

“Antara batang katup dan mekanisme pendorong ini ada celah yang memiliki standar, sementara itu seiring pemakaian celah bisa berubah sehingga diperlukan penyetelan ulang secara berkala,” ucap Iwan.

“Penyetelan klep tidak diperlukan bila sudah menggunakan hydraulic lash adjuster (HLA) sedangkan pada mobil Jazz lawas masih harus disetel secara manual,” ucap Iwan.

Pria yang pernah menjadi mekanik Honda resmi ini mengatakan penyetelan katup hampir dilupakan oleh bengkel umum dewasa ini, karena memang montir-montir sekarang kurang memperhatikan itu.

Baca juga: Oktober 2023, Honda Kerek Tipis Harga City Hatchback RS

Padahal, mobil modern sekalipun masih membutuhkan penyetelan klep secara berkala meski tidak setiap kali melakukan servis.

“Saya menganjurkan setel klep setiap mobil menempuh jarak 25.000 Km, agar performa mesin tetap terjaga dengan baik, minimal tidak menimbulkan bunyi kasar di area mesin,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com