Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Marquez Resmi Tinggalkan Honda, Siapa Pebalap Pengganti? | Sambil Menangis, Marquez Jelaskan Alasan Berpisah dari Honda

Kompas.com - 06/10/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Marc Marquez akhirnya resmi bercerai dari Repsol Honda setelah 11 tahun bersama di MotoGP.

Marquez dan Honda Racing Corporation sepakat untuk mengakhiri kontrak satu tahun lebih cepat, yakni usai musim kejuaraan 2023.

Melalui akun Instagram pribadinya, rider asal Spanyol itu juga mengucapkan perpisahan manis untuk Honda.

Selain itu, juara dunia delapan kali MotoGP Marc Marquez resmi berpisah dari Honda setelah 11 tahun bersama di MotoGP. Marquez dan Honda Racing Corporation sepakat untuk mengakhiri kontrak satu tahun lebih cepat, yakni usai musim kejuaraan 2023.

Usai mengumumkan perpisahannya dari Honda, Marquez membagikan foto dirinya yang berlinang air mata, bersama penjelasan emosional tentang alasannya berpisah dari Honda. 

Baca juga: TikTok Shop Ditutup, Penjualan Toko Aksesori Otomotif Menurun

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 5 Oktober 2023:

1. Marquez Resmi Tinggalkan Honda, Siapa Pebalap Pengganti?

Marc Marquez tetap jadi pebalap dengan gaji tertinggi di MotoGP 2023AFP/SONNY TUMBELAKA Marc Marquez tetap jadi pebalap dengan gaji tertinggi di MotoGP 2023

“Terima kasih untuk perjalanan yang luar biasa ini! 11 tahun bersama. Kami berbagi momen tak terlupakan: 6 Kejuaraan Dunia, 5 Triple Crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole. Kerja keras, tekad, dan ikatan yang telah kami bangun selama bertahun-tahun. Tawa, air mata, kegembiraan, momen-momen sulit, namun yang terpenting hubungan yang unik dan tak terulang kembali,” tulis unggahan akun Instagram @marcmarquez93.

Baca juga: Marquez Resmi Tinggalkan Honda, Siapa Pebalap Pengganti?

2. Sambil Menangis, Marquez Jelaskan Alasan Berpisah dari Honda

Rider Repsol Honda, Marc Marquez (depan), ketika sedang mengikuti sesi FP3 MotoGP Australia 2022 yang dihelat di Sirkuit Phillip Island pada Sabtu (15/10/2022). Marc Marquez berhasil meraih podium kedua pada balapan yang dilangsungkan Minggu (16/10/2022).AFP/PAUL CROCK Rider Repsol Honda, Marc Marquez (depan), ketika sedang mengikuti sesi FP3 MotoGP Australia 2022 yang dihelat di Sirkuit Phillip Island pada Sabtu (15/10/2022). Marc Marquez berhasil meraih podium kedua pada balapan yang dilangsungkan Minggu (16/10/2022).

"Saya tidak tahu harus mulai dari mana. Saya tidak tahu apakah yang saya lakukan hal benar atau salah, saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saya tidak tahu apakah semua ini akan berjalan dengan baik, tetapi yang saya tahu adalah semua yang telah kami capai bersama,” tulis Marquez melalui cerita Instagram pribadinya.

Baca juga: Sambil Menangis, Marquez Jelaskan Alasan Berpisah dari Honda

3. Marc Marquez Pindah Semusim ke Gresini, Kemudian Geser ke KTM

Marc Marquez resmi merapat ke tim satelit Ducati, Gresini Racing, sesaat setelah mengumumkan perpisahannya dengan Repsol Honda pada Rabu (4/10/2023) malam.

Maka pada MotoGP 2024 mendatang, pebalap berjuluk 'The Baby Alien' itu tidak akan lagi berseragam Honda dan mengendarai RC213V, melainkan Desmosedici.

Atas kepindahannya ini, Mantan Direktur Olahraga LCR Honda Oscar Haro ikut bersuara memberikan komentarnya. Menurut dia, keputusan tersebut merupakan kesalahan bagi Ducati.

Baca juga: Marc Marquez Pindah Semusim ke Gresini, Kemudian Geser ke KTM

4. Hubungan China dan Eropa Memanas karena Mobil Listrik Murah

Sebuah mobil BYD EA1 Xdream terlihat selama Pameran Industri Otomotif Internasional Shanghai ke-19 di Shanghai pada 19 April 2021. AFP PHOTO/HECTOR RETAMAL Sebuah mobil BYD EA1 Xdream terlihat selama Pameran Industri Otomotif Internasional Shanghai ke-19 di Shanghai pada 19 April 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com