Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Resmi Tinggalkan Honda, Siapa Pebalap Pengganti?

Kompas.com - 05/10/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Marc Marquez akhirnya resmi bercerai dari Repsol Honda setelah 11 tahun bersama di MotoGP.

Marquez dan Honda Racing Corporation sepakat untuk mengakhiri kontrak satu tahun lebih cepat, yakni usai musim kejuaraan 2023.

Melalui akun Instagram pribadinya, rider asal Spanyol itu juga mengucapkan perpisahan manis untuk Honda.

“Terima kasih untuk perjalanan yang luar biasa ini! 11 tahun bersama. Kami berbagi momen tak terlupakan: 6 Kejuaraan Dunia, 5 Triple Crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole. Kerja keras, tekad, dan ikatan yang telah kami bangun selama bertahun-tahun. Tawa, air mata, kegembiraan, momen-momen sulit, namun yang terpenting hubungan yang unik dan tak terulang kembali,” tulis unggahan akun Instagram @marcmarquez93.

Baca juga: Marc Marquez Tinggalkan Honda, Bergabung ke Gresini Racing

Kepergian Marquez dari Repsol Honda memunculkan pertanyaan terkait siapa yang akan menggantikan dirinya pada MotoGP 2024.

Sebelum Marquez mengumumkan perpisahan dengan Honda, tim balap asal Jepang itu ternyata sudah mulai mencari pengganti Marquez di Repsol Honda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Marc Ma?rquez (@marcmarquez93)

Dikutip dari Speedweek, Rabu (4/10/2023), seorang manajer pebalap di Jepang mengatakan bahwa Repsol Honda sedang menghubungi sejumlah pebalap untuk menggantikan Marquez di MotoGP.

“Honda saat ini sedang menghubungi setiap pebalap MotoGP,” ucap manajer tersebut.

Ada beberapa opsi pebalap sebagai pengganti Marquez di MotoGP. Pertama adalah Johann Zarco. Seperti diketahui, Zarco memutuskan bergabung dengan LCR Honda di musim depan, menggantikan posisi Alex Rins yang sudah lebih dulu pindah ke tim pabrikan Yamaha.

Namun, rider asal Perancis ini bisa saja dipindahkan ke Repsol Honda sebagai tindakan "darurat" untuk menggantikan Marquez.

Kandidat pebalap selanjutnya adalah rider Moto2 Pedro Acosta. Performa Acosta yang saat ini membalap untuk Red Bull KTM Ajo di Moto2 begitu apik hingga sering disebut sebagai “The New Marc Marquez”. Tak heran jika Honda melirik Acosta untuk menggantikan Marquez di Repsol Honda.

Pebalap Honda Red Bull KTM Ajo asal Spanyol Pedro Acosta merayakan juara dunianya di podium setelah memenangi balapan Moto3 Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada 7 November 2021.PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Honda Red Bull KTM Ajo asal Spanyol Pedro Acosta merayakan juara dunianya di podium setelah memenangi balapan Moto3 Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada 7 November 2021.

Kendati demikian, hal tersebut tampaknya sulit untuk dilakukan. Sebab, KTM disebut sudah mengontrak Acosta untuk balapan di GASGAS Factory Racing Team pada musim 2024.

Kandidat terakhir adalah Miguel Oliveira, rider satelit Aprilia ini disebut cocok untuk menggantikan Marquez. Terlebih lagi, setelah dirinya memenangi beberapa seri balapan di MotoGP, salah satunya adalah seri Mandalika 2022.

Baca juga: Marc Marquez Resmi Cerai dengan Repsol Honda

Marquez hampir 100 persen dipastikan bakal pindah ke tim Gresini Ducati pada musim 2024.

Kepindahan Marquez ke tim satelit Ducati itu belum diumumkan secara resmi oleh Gresini. Namun, dapat dipastikan bahwa juara dunia delapan kali itu akan bertandem dengan saudara kandungnya Alex Marquez pada musim 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com