Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati DesertX Rally, Motor Flagship Petualang dari Italia

Kompas.com - 04/10/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati memperkenalkan versi lebih tinggi dari DesertX yakni DesertX Rally. Motor tersebut punya beberapa fitur baru yang membuatnya lebih asik dibawa bertualang.

Dikutip dari Visordown, Ducati DesertX Rally secara tampilan tidak berbeda jauh. Paling ada engine guard yang lebih besar, serta model sepatbor depan ganti jadi paruh bebek yang lebih panjang.

Ubahan paling signifikan sebenarnya di sektor sasis dan suspensi. Agar makin mumpuni dibawa bertualang, DesertX Rally memakai suspensi KYB yang kemampuannya lebih tinggi baik di depan dan belakang.

Baca juga: Bos Ducati Bocorkan Marquez Sepakat Gabung ke Ducati

Ducati DesertX Rally 2024VISORDOWN.com Ducati DesertX Rally 2024

Pada suspensi depan, bagian dalamnya memakai komponen dari DLC, membuatnya lebih minim gesekan. Garpu depan ini juga sudah punya setelan lengkap dengan tambahan trave 20mm, jadi kemampuan travelnya sampai 250mm.

Bukan cuma tambah mumpuni, suspensi depan ini juga jadi lebih ringan, makin percaya diri dibawa off-road. Sedangkan yang belakang, stroke juga bertambah 20mm, jadi totalnya bisa 240mm dan lebih kaku.

Selain itu di DesertX Rally sudah dilengkapi dengan Ohlins steering damper. Geometri motornya juga diubah sedikit dengan pemasangan billet clamps, jadi cocok saat dikombinasi dengan suspensi yang travel-nya lebih panjang.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Mobil China Bisa Lebih Murah

Ducati DesertX Rally 2024VISORDOWN.com Ducati DesertX Rally 2024

Lalu, untuk sistem pengereman sebenarnya hampir sama dengan DesertX, jadi memakai kaliper Brembo M50 dengan cakram ganda 320mm di depan. Sedangkan di belakang, ukuran cakramnya 265mm dengan kaliper Brembo dua piston.

Sedangkan di sisi mesin, masih sama dengan yang standar, 937cc Testastretta yang menghasilkan 108 TK dan torsi 92 Nm. Tangki BBM 21 liter dengan opsi tambahan delapan liter yang dipasang ke jok.

Begitu juga dari sisi elektronik, tidak berubah banyak, masih dapat mode Sport, Touring, Urban, Wet, Enduro, dan Rally. Sistem seperti cornering ABS, lean-sensitive traction control, power mode, wheelie control dan sebagainya masih dibawa.

Bedanya, ada pada setelan motor, mengingat versi Rally ini punya travel suspensi yang lebih jauh dan wheelbase sedikit lebih panjang.

Kabarnya, motor ini akan hadir di diler pada Februari 2024. Estimasi harganya ada di 18.995 Poundsterling atau sekitar Rp 350 jutaan dan cuma tersedia satu skema warna, yakni Iron Giant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com